Sabtu, 25 Juni 2011

analidis kontek

Nama Guru : Drs. Ali Imran
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Jurusan : XII / Semua Jurusan
Semester / T.P : 1 ( Satu ) / 2011-2012
ANALISIS STANDAR ISI :
LAMPIRAN SK/KD
I. TUJUAN
1.1 TUJUAN MATA PELAJARAN
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
1.2 ANALISIS RANAH KOMPETENSI TUJUAN
TUJUAN 1
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
Ranah kompetensinya adalah :
• Kognitif
• Afektif
• Psikomotor
TUJUAN 2
1. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.


Ranah kompetensinya adalah :

• Kognitif
• Psikomotor
• Afektif

1.3 ANALISIS SUBSTANSI METERI PADA TUJUAN
TUJUAN 1
1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
Substansi Meteri Pada Tujuan :
• Akidah
TUJUAN 2
1. Mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Substansi Meteri Pada Tujuan :
• Ibadah
• Akhlak
1.4 IMPLEMENTASI ( SEBARAN ) TUJUAN PADA KD

DIISI SETELAH MENGANALISIS KD
II. RAUANG LINGKUP
2.1 Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al-Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam


2.2 Implementasi ( Sebaran ) Ruang Lingkup Pada KD

2.2.1 ada pada KD 1.1 - 1.3 dan 2.1 – 2.3 ( Al Qur’an )
2.2.2 ada pada KD 3.1 -3.3 (Aqidah )
2.2.3 ada pada KD 4.1 – 4.3 ( Akhlak )
2.2.4 ada pada KD 5.1 – 5.3 ( Fiqh )
2.2.5 ada pada KD 6.1 – 6.3 ( Sejarah )

III. STANDAR KOMPETENSI
3.1 Jumlah Standar Kompetensi Pada Kelas XII Semester Gasal
= 6 ( Enam )

3.2 Tahapan Berpikir Kompetensi Pada SK
SK .1
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang tentang anjuran bertoleransi

Kompetensi Memahami = C.2
SK .2
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang tentang etos kerja
SK .3
Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Kompetensi Meningkatkan = C.5
SK .4
Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Membiasakan = C.3
SK .5
Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga
Kompetensi Memahami = C.2
SK .6
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Memahami = C.2
3.3 ANALISIS MATERI PADA SK
SK 1
ayat-ayat al Qur’an tentang anjuran bertoleransi.
3.3.1 MATERI
Ayat-Ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi
3.3.2 MATERI
Ayat-ayat al Qur’an tentang tentang etos kerja
3.3.3 MATERI
Keimanan kepada Hari Akhir
3.3.4 MATERI
perilaku terpuji
3.3.5 MATERI
Hukum Islam tentang Hukum Keluarga
3.3.6 MATERI
perkembangan Islam di Indonesia


IV. KOMPETENSI DASAR
4.1 JUMLAH KD PADA KELAS XII SEMESTER DUA
= 18 ( DELAPAN BELAS )
SK.1 = 3 KD
SK.2 = 3 KD
SK.3 = 3 KD
SK.4 = 3 KD
SK.5 = 3 KD
SK.6 = 3 KD

4.2 ANALISIS TAHAPAN BERPIKIR KOMPETENSI PADA KD
SK.1
KD.1
Membaca QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
Kompetensi Membaca = C.3
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29

Menjelaskani Memahami = C.2
K.D .3
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29
Kompetensi Membiasakan = C.3
SK.2
KD .1
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Kompetensi Membaca = C.3
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Menjelaskani Memahami = C.2

KD .3
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11
dan QS. Al Jumuah : 9-10
Kompetensi Membiasakan = C.3

SK .3

Kd.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
Kompetensi menampilkan = C.
Kd.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
Kompetensi mrnerapkan = C.
Kd.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi membiasakan = C.3
SK .4
Kd.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
Kompetensi menjelaskan = C.
Kd.2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
Kompetensi menampilkan = C.
Kd.3
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi membiasakan = C.
SK .5
Kd.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
Kompetensi Menjelaskan = C.2
Kd. 2
Menjelaskan hikmah perkawinan
Kompetensi Menjelaskan = C.2
Kd.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
Kompetensi Menjelaskan = C.2
SK .6
Kd.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Menjelaskan = C.2

Kd.2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Menampilkan = C.

Kd.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Mengambil = C.

4.3 ANALISIS MATERI PADA KD
SK 1
KD 1
QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29
KD 2
QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29

KD 3
perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41,
dan QS. al Kahfi : 29
SK.2
KD .1
QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Kompetensi Membaca = C.3
KD .2
arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10


KD .3
perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11
dan QS. Al Jumuah : 9-10
Kompetensi Membiasakan = C.3


SK .3

Kd.1
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
Kd.2
hikmah beriman kepada Hari Akhir
Kd.3
perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
SK .4
Kd.1
pengertian adil, ridha dan amal shaleh

Kd.2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh

Kd.3
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
SK .5
Kd.1
ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
Kd. 2
hikmah perkawinan
Kd.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
Kompetensi Menjelaskan = C.
SK .6
Kd.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
Kd.2
contoh perkembangan Islam di Indonesia
Kd.3
hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia



V. MATERI POKOK
5.1 ANALISIS MATERI POKOK PADA KD ( TINGKAT KOMPLEKSITASNYA )
SK.1
KD 1 QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek KARENA TERDIRI DARI 3 MATERI
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. QS. al Kafirun
2. QS. Yunus : 40-41
3. QS. Yunus : 40-41
KD.2 Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29 Tingkat
Kompleksitasnya Adalah Komplek
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. Arti QS. Al Kafirun
2. Arti QS. Yunus : 40-41
3. Arti QS. Yunus : 40-41
KD.3 Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al
Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29
Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. Pembiasaan perilaku QS. Al Kafirun
2. Pembiasaan perilaku QS. Yunus : 40-41
3. Pembiasaan perilaku QS. Yunus : 40-41
SK.2
KD .1
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. QS. Al Mujadalah : 11
2. QS. Al Jumuah : 9-10
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. Arti QS. Al Mujadalah : 11
2. Arti QS. Al Jumuah : 9-10







KD .3
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah
: 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. Pembiasaan perilaku QS. Al Mujadalah : 11
2. Pembiasaan perilaku QS. Al Jumuah : 9-10

SK .3

Kd.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA
Kd.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA
Kd.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan
sehari-hari
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA
SK .4
Kd.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. pengertian adil
2. pengertian ridha
3. pengertian amal shaleh

Kd.2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. contoh pengertian adil
2. contoh pengertian ridha
3. contoh pengertian amal shaleh


Kd.3
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek
MATERI SEDERHANANYA ADALAH :
1. pembiasaan perilaku adil
2. pembiasaan perilaku ridha
3. pembiasaan perilaku amal shaleh
SK .5
Kd.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA
Kd. 2
Menjelaskan hikmah perkawinan
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA
Kd.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di
Indonesia
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA
SK .6
Kd.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA
Kd.2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA

Kd.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
Tingkat Kompleksitasnya Adalah SEDERHANA
VI. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SK.1
KD.1
Membaca QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29
• Mengidentifikasi tajwid QS. Al Kafirun,
• Membaca QS. Al Kafirun,
• Mengidentifikasi tajwid QS. Yunus : 40-41,
• Membaca QS. Yunus : 40-41,
• Mengidentifikasi tajwid QS. Al Kahfi : 29
• Membaca QS. Al Kahfi : 29

KD.2
Menjelaskan arti QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29
• Menyebutkan arti mufradat QS. Al Kafirun,
• Menyebutkan arti perkalimat QS. Al Kafirun,
• Menjelaskan isi / kandungan QS. Al Kafirun,
• Menyebutkan kesimpulan isi / kandungan QS. Al Kafirun,
• Menyebutkan arti mufradat QS. Yunus : 40-41,
• Menyebutkan arti perkalimat QS. Yunus : 40-41,
• Menjelaskan isi / kandungan QS. Yunus : 40-41
• Menyebutkan kesimpulan isi / kandungan QS. Yunus : 40-41
• Menyebutkan arti mufradat QS. Al Kahfi : 29
• Menyebutkan arti perkalimat QS. Al Kahfi : 29
• Menjelaskan isi / kandungan QS. Al Kahfi : 29
• Menyebutkan kesimpulan isi / kandungan QS. Al Kahfi : 29
KD 3
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung di dalam QS Al
Kafiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29

• Mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al-Kafirun
• Membiasakan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al- Kafirun,
• Mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Yunus : 40-41
• Membiasakan perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Yunus : 40-41
• Mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan Al-Kahfi : 29
• Membiasakan perilaku bertoleransi sesuai dengan Al-Kahfi : 29

SK 2
KD.1
Membaca QS Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
• Membaca Al Mujadalah : 11,
• Membaca QS. QS. Al Jumuah : 9-10
• Mengidentifikasi tajwid Al Mujadalah : 11
• Mengidentifikasi tajwid QS. Al Jumuah : 9-10
• Menjelaskan tajwid Al Mujadalah : 11,
• Menjelaskan penerapan tajwid QS. Al Mujadalah : 11
• Menjelaskan penerapan QS. Al Jumuah : 9-10


KD.2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
• Menyebutkan arti mufradat QS. Al Mujadalah : 11
• Menyebutkan arti mufradat QS. Al Jumuah : 9-10
• Menyebutkan arti mujmal Al Mujadalah : 11
• Menyebutkan arti mujmal QS. Al Jumuah : 9-10
• Menjelaskan isi / kandungan Al Mujadalah : 11,
• Menjelaskan isi / kandungan QS. Al Jumuah : 9-10
• Menyimpulkan isi / kandungan Al Mujadalah : 11
• Menyimpulkan isi / kandungan QS. Al Jumuah : 9-10

KD 3
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah :
11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
• Mengidentifikasi perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11
• Mengidentifikasi perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam QS. Al Jumuah : 9-10
• Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam QS. Al Mujadalah : 11
• Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam QS. Al Jumuah : 9-10
SK 3
KD.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
• Menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
• Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
• Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
KD.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
• Mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir.
• Mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir.
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir.
• Menunjukkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
KD.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
• Mengidentifikasi perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
• Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
SK 4
KD.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
• Menjelaskan pengertian adil
• Menjelaskan pengertian ridha
• Menjelaskan pengertian amal saleh
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
• Menampilkan contoh perilaku adil

• Menampilkan contoh perilaku ridha.

• Menampilkan contoh perilaku amal saleh.

Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
• Membiasakan perilaku adil.
• Membiasakan perilaku ridha.
• Membisa kan perilaku amal shaleh
SK .5
KD.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
• Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
• Menjelaskan hukum Islam tentang talak
• Menjelaskan hukum Islam tentang ruju’.

KD. 2
• Menjelaskan hikmah perkawinan
• Menjelaskan hikmah nikah
• Menjelaskan hikmah talak
• Menjelaskan hikmah ruju’

KD.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
• Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
• Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia
• Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.

SK .6
KD.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
• Menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
• Menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.

KD.2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
• Menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia
• Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia

Kd.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
• Mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
• Menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.


PENYUSUNAN INDIKATOR :
• DARI MUDAH KE SUKAR
• DARI SEDERHANA KEKOMPLEK
• DARI DEKAT KE JAUH
• DARI KONKRIT KE ABSTRAK
C,1 + SEDERHANA 1 MENYEBUTKAN ……
C,1 + SEDERHANA 2 MENGIDENTIFIKASI …..
C,1 + SEDERHANA 1 MENJELASKAN PENGERTIAN ….
C,1 + SEDERHANA 2 MENJELASKAN RUANG LINGKUP…..

C.1 MENGENAL ……MENGAMATI ….MENANGKAP CIRI-CIRI ….MENYEBUTKAN
C.2 MENJELASKAN ….MENCARI LITERATUR …..BERTANYA KESUMBER ….

VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN/ LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN / SKENARIO PEMBELAJARAN
SK.1
KD. 1
Membaca QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Appersepsi : Minggu yang lalu telah dipelajari ayat-ayat tentang toleransi, coba
kamu sebutkan terhadap siapa saja harus bersikap toleransi dan dalam
masalah apa saja serta sebutkan salah satu ayat tentang sikap toleransi
2. Motivasi : Untuk mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat, Al
Quran memerintahkan agar manusia, umat Islam khususnya ber’amal
atau bekerja keras. Coba kamu sebutkan salah satu ayat tentang
perintah ber’amal atau bekerja keras
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca QS. Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41 dan
Al-Kahfi : 29 secara bergiliran dan saling menyimakkan
3. Peserta didik mendiskusikan tajwid QS. Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41 dan
Al-Kahfi : 29 dalam kelompok masing-masing
4. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan
tertulis
5. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dipahami
6. Guru membaca ayat-ayat tersebut dengan benar kemudian memberi penegasan
penegasan tentang tajwidNya
c. Pehutup :
1. Guru memberikan test akhir
2. Guru memberi penugasan tentang arti mufradat ayat-ayat tersebut
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
K.D .3
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS.
Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Appersepsi : Bacalah QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41 dan QS.Al-Kahfi :
29 dengan benar
2. Motovasi : Mengadakan simulasi tentang QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-
41 dan QS.Al-Kahfi : 29
b. Kegitan inti :
1. Peserta didik membaca buku tentang mufradat QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus :
40-41dan QS.Al-Kahfi : 29
2. Peserta didik ditugaskan mengartikan perkalimat QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus :
40-41 dan QS.Al-Kahfi : 29 serta menterjemahkanNya dengan benar
3. Peserta didik mendiskusikan kandungan QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40
41 dan QS. Al-Kahfi : 29
4. Siswa mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tulisan dari
kelompok masing-masing
5. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dipahami
6. Guru mengartikan perkalimat QS.Al-Kaafiruun : 1-6, QS.Yunus : 40-41dan QS.
Al-Kahfi : 29 dengan benar kemudian menjelaskan dan menyimpulkan kandungan
ayat ayat tersebut



c. Penutup :
1. Guru mengadakan test akhir
2. Guru memberi penugasan / PR tentang materi berikutnya
SK.2
KD .1
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Pendahuluan :
1. Appersepsi : Minggu yang lalu telah dipelajari ayat-ayat tentang toleransi, coba
kamu sebutkan terhadap siapa saja harus bersikap toleransi dan dalam
masalah apa saja serta sebutkan salah satu ayat tentang sikap toleransi
2. Motivasi : Untuk mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat, Al
Quran memerintahkan agar manusia, umat Islam khususnya ber’amal
atau bekerja keras. Coba kamu sebutkan salah satu ayat tentang
perintah ber’amal atau bekerja keras
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca QS.Al-Mujadalah : 11 dam QS.Al-Jumu’ah :
9-10 secara bergiliran dan saling menyimakkan
3. Peserta didik mendiskusikan tajwid QS.Al-Mujadalah : 11 dam QS.Al-Jumu’ah :
9-10 dalam kelompok masing-masing
4. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tertulis
5. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dipahami
6. Guru membaca ayat-ayat tersebut dengan benar kemudian memberi penegasan-
penegasan tentang tajwidNya



c. Pehutup :
1. Guru memberikan test akhir
2. Guru memberi penugasan tentang arti mufradat ayat-ayat tersebut
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
KD .3
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11
dan QS. Al Jumuah : 9-10
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Bacalah QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah : 9-10 dengan
benar
3. Motivasi : Mengadakan simulasi tentang QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al
Jumu’ah ayat 9-10
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik membaca buku tentang arti mufradat QS.Al-Mujadalah :11 dan QS.Al
Jumu’ah ayat 9-10
3. Peserta didik ditugaskan mengartikan perkalimat QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al
Jumu’ah ayat 9-10 serta menterjemahkannya dengan benar
4. Peserta didik mendiskusikan kandungan QS.Al-Mujadalah : 11 dan QS.Al-Jumu’ah
: 9-10 dalam kelompok masing-masing
5. Siswa mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tertulis dari ke-
lompok masing-masing
6. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dipelajari
7. Guru mengartikan perkalimat QS.Al-Mujadalah :11 dan QS.Al-Jumu’ah : 9-10 dan
dan memberikan penegasan tentang kandungan ayat-ayat tersebut
c. Penutup :
1. Guru mengadakan test akhir
2. Guru memberi penugasan / PR tentang materi selanjutnya
SK .3
KD.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Mengadakan kuis tentang tajwid dan arti mufradat QS.Al-Mujadilah :
11 dan QS.Al-Jumu’ah : 9-10
3. Motivasi : Menjelaskan standar kompetensi dan kompetensi dasar tentang iman
kepada hari akhir
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang iman kepada hari akhir
3. Peserta didik mendiskusikan tentang pengertian iman kepada hari akhir dan proses
proses serta tahapan-tahapan hari akhir
4. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tertulis
5. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dipahami
6. Guru memberikan penilaian tentang jalannya diskusi dan memberikan penegasan
penegasan tentang materi yang telah didiskusikan



c. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah didiskusikan
2. Guru memberikan test akhir
3. Guru memberikan penugasan / PR tentang materi berikutnya
Kd.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
Kd.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Jelaskan secara ringkas peristiwa kiamat dalam QS.At-Takwir : 1-6
Dan QS. Al-Qari’ah : 4-5
3. Motivasi : Jelaskan 3 perilaku orang yang beriman kepada hari akhir
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang hikmah beriman kepada hari akhir
dan contoh perilaku orang yang beriman kepada hari akhir
3. Peserta didik mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir dan contoh perilaku
beriman kepada hari akhir dalam kelompok masing-masing
4. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tertulis
5. Guru memberikan penilaian tentang diskusi dan memberikan penegasan-penegasan
Tentang materi yang didiskusikan
c. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan test akhir

3. Guru memberikan penugasan / PR untuk pertemuan selanjutnya
SK .4
KD.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Setelah benar-benar meyakini bahwa hari akhir itu pasti akan datang
dan yakin bahwa hari akhir sebagai hari pembalasan terhadap amal
yang dilakukan selama hidup di dunia, apakah yang harus kamu
lakukan untuk hal tersebut ?
3. Motivasi : Sebutkan 3 contoh akhlakul karimah serta artinya yang kamu ketahui !
b. Kegiatan Inti :
1. Guru menjelaskan SK dan KD yang akan dicapai
2. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang akhlak terpuji ( adil, ridha dan amal
Shaleh )
3. Peserta didik mendiskusikan tentang pengertian adil, ridha dan amal shaleh serta
mencari dalil-dalil tentang perintah bersikap adil, ridha dan amal shaleh
4. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tertulis
5. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dipahami
6. Guru memberikan penegasan-penegasan tentang materi yang telah didiskusikan
c. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan test akhir
3. Guru memberi penugasan untuk pertemuan berikutnya


KD.2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
KD.3
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Jelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh serta lafazkan sebuah
ayat tentang perintah bersikap adil !
3. Motivasi : Al Qur an memerintahkan agar manusia / umat Islam bersikap adil,
ridha dan beramal shaleh, coba jelaskan keutamaan-keutamaan
bersikap adil riha dan amal shaleh
b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang bentuk-bentuk perilaku adil ridha
dan amal shaleh serta contoh-contohnya, keutamaan-keutamaan bersikap adil, ridha
dan amal shaleh
3. Peserta didik mendiskusikan bentuk-bentuk perilaku adil, ridha dan amal shaleh
serta contohnya, keutamaan-keutamaan bersikap adil, ridha dan amal shaleh
4. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tulisan
5. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum difahami
6. Guru memberi penegasan-penegasan tentang materi yang telah didiskusikan
c. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan evaluasi tentang materi telah dipelajari
3. Guru memberikan penugasan untuk minggu berikutnya


SK .5
Kd.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Minggu yang lalu telah dipelajari tentang sikap adil, ridha dan amal
shaleh, jelaskan perbedaan antara sikap adil, ridha dan amal shaleh !
3. Motivasi : Dalam kehidupan masyarakat sering ditemui perselisihan-perselisihan
antara suami dan istri, kawin lari dan mudahnya kawin cerai dan
sebagainya, jelaskan secara ringkas kenapa terjadi hal-hal yang demikian !
b. Kegiatan inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang pengertian nikah, hukum-hukum
nikah, rukun-rukun nikah dan kewajiban-kewajiban suami / istri
3. Peserta didik mendiskusikan tentang pengertian nikah, hukum-hukum nikah, rukun
rukun nikah dan kewajiban-kewajiban suami / istri dalam kelompok masing-masing
4. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tertulis
5. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dipahami
6. Guru memberikan penegasan-penegasan tentang materi yang telah didiskusikan
c. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan test akhir
3. Guru memberikan penugasan / untuk minggu berikutnya



KD. 2
Menjelaskan hikmah perkawinan
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Jelaskan secara ringkas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan
dalam membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahmah
3. Motivasi : Jika perselisihan antara suami dan istri tidak bisa diselesaikan dengan
baik sesuatu yang tidak diinginkan tentu akan terjadi, jelaskan apa
yang akan terjadi dan bagaimana hukumnya
b. Kegiatan Inti :
1. Memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang thalaq, ruju’ dan hikmah
pernikahan serta ketentuan hukum perkawinan menurut perundang-undangan
3. Peserta didik mendiskusikan tentang Thalaq, ruju’ dan hikmah pernikahan
4. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tulisan
5. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum difahami
6. Guru memberi penegasan-penegasan tentang materi yang telah didiskusikan
c. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan evaluasi tentang materi yang telah dipelajari
3. Guru memberikan penugasan untuk materi berikutnya
KD.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Appersepsi : Jelaskan secara ringkas 2 macam thalaq serta kata lain dari thalaq
2. Motivasi : Sebutkan Undang-Undang yang membahas tentang perkawinan dan
Jelaskan secara ringkas pengertian dan tujuan perkawinan menurut undang-undang
tersebut!
b. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang perkawinan, perceraian dan ruju’
menurut perundang-undangan di Indonesia
2. Peserta didik mendiskusikan tentang perkawinan, perceraian dan ruju’ menurut
perundang undangan di Indonesia
3. Peserta didik mempresentasikan / melaporkan hasil diskusi secara lisan dan tulisan
4. Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dipahami
5. Guru memberikan penegasan-penegasan dan menyimpulkan materi pelajaran
c. Penutup :
1. Guru memberikan evaluasi tentang materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan penugasan untuk pertemuan selanjutnya
SK .6
KD.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Jelaskan secara ringkas pengertian nikah menurut UU RI No. 1
th 1974 dan tujuannya
3. Motivasi : Jelaskan secara ringkas awal masuknya Islam di Indonesia dan kapan
masuknya Islam di Indonesia !



b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang masuk dan berkembangnya Islam
diIndonesia
3. Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok kemudian masing-masing kelompok diberi
tugas yang berbeda tentang perkembangan Islam di Indonesia
4. Peserta didik mendiskusikan tugasnya dalam kelompok masing-masing
5. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
Kemudian kelompok lain menanggapinya
6. Guru memberikan penegasan / memberikan perbaikan tentang materi yang telah
didiskusikan
c. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru mengadakan evaluasi tentang materi yang telah di diskusikan
3. Guru memberi tugas / PR untuk pertemuan selanjutnya
KD.2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
KD.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
Skenario Pembelajaran :
a. Pendahuluan :
1. Mengkondisikan kelas dan siswa siap untuk belajar
2. Appersepsi : Jelaskan secara ringkas proses masuknya Islam di Indonesia dan
sebutkan tiga cara penyebarannya
3. Motivasi : Jelaskan secara ringkas 3 hikmah perkembangan Islam di Indonesia
dan sebutkan 3 contoh perkembangan Islam di Indonesia

b. Kegiatan Inti :
1. Guru memberikan imformasi awal
2. Peserta didik ditugaskan membaca buku tentang Contoh perkembangan Islam di
Indonesia, peranan umat Islam pada masa penjajahan, perang kemerdekaan dan
pada masa pembanguna serta hikmah dan mamfa’at perkembangan Islam di
Indonesia
3. Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok kemudian masing-masing kelompok diberi
tugas yang berbeda dan mendiskusikannya dalam kelompok masing-masing
4. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
kemudian kelompok lain menanggapinya
5. Guru memberikan penilaian dan penegasan tentang materi yang telah didiskusikan
c. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru mengadakan test akhir tentang materi yang telah dipelajari
3. Guru memberi tugas / PR tentang materi yang telah didiskusikan
KET :
- Mencermati …..Melalui Mendengarkan
- Menggali Informasi Melalui Studi Pustaka Diskusi, Tanya Jawab, Karya Wisata ( Menjelaskan )
- Pendahuluan
Berdoa
Mengabsen / MenKondisikan Kelas (Melihat keadaan siswa dan ruangan )
Tujuan Pembelajaran
- Inti
Guru menyiapkan QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
Guru menayangkan QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
Siwa mengamati QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164 ( eksplorasi )
Siswa membaca dalam kelompok QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
( elaborasi )
Siswa Menyepakati bacaan yang benar QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah :
164
( konfirmasi )
Menarik kesimpulan bacaan yang benar QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah :
164
Guru memberikan penguatan bacaan yang benar QS Yunus : 101 dan
QS. Al Baqarah : 164

- Penutup
Refleksi ( umpan balik )….tanya jawab

VIII. Alokasi waktu

SK.1
KD 1 QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29 ( 90 MENIT )
KD.2 Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
( 45 MENIT )
KD.3 Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al
Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29 ( 45 MENIT )
SK.2
KD .1
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 ( 90 MENIT )
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 ( 45 MENIT )
KD .3
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah :
11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 ( 45 MENIT )
SK .3
KD.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
( 45 MENIT )
KD.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir ( 20 MENIT )
KD.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan
sehari-hari ( 25 MENIT )
SK .4
KD.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh ( 45 MENIT )


KD.2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh ( 20 MENIT )

KD.3
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
( 25 MENIT )
SK .5
KD.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam ( 60 MENIT )
KD. 2
Menjelaskan hikmah perkawinan (30 MENIT )
KD.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
( 90 MENIT )
SK .6
Kd.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia ( 90 MENIT )
KD.2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia ( 45 MENIT )
KD.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia ( 45 MENIT )
IX. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa Dapat …. ( Sesuai Dengan Indikator )

X. METODE PEMBELAJARAN

SK.1
KD 1 Membaca QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29 ( metode
Imitasi dan drill )
KD.2 Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
( metode cerramah )
KD.3 Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al
Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29 ( metode drill )
SK.2
KD .1
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 ( metode
Imitasi dan drill )
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
( metode cerramah )
KD .3
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah :
11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 ( metode Imitasi dan drill )
SK .3

KD.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
( metode demonstrasi )
KD.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
( metode demonstrasi )
KD.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan
sehari-hari ( metode Imitasi dan drill )
SK .4
KD.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
( metode tanya jawab )
KD.2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
( Metode demonstrasi )
KD.3
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
( metode drill )

SK .5
KD.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
( mertode tanya jawab )
KD. 2
Menjelaskan hikmah perkawinan
( metode ceramah )

KD.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
( mertode tanya jawab )
SK .6
KD.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
( mertode tanya jawab )

KD.2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
( metode diskusi )
KD.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
( Metoda diskusi )

XI. SUMBER / BAHAN / ALAT ….
SK .1
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang tentang anjuran bertoleransi
KD.1
Membaca QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
Software hukum tajwid Al Hakim
LKS dalam lingkungan sendiri

KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
K.D .3
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS al Kafiiruun, QS.
Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
SK .2
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang tentang etos kerja
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri


KD .1
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
KD .3
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah : 11
dan QS. Al Jumuah : 9-10
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri






SK .3
Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
SK .4
Membiasakan perilaku terpuji
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd.2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh

Kd.3
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3


Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
SK .5
Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd. 2
Menjelaskan hikmah perkawinan
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri


Kd.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
SK .6
Kd.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd.2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia
Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
Kd.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia
Memahami perkembangan Islam di Indonesia



Al Qur’an
Al Qur’an dan terjemahannya Depag RI
Buku PAI Erlangga jilid 3
Buku PAI Bumi Aksara jilid 3
Buku PAI Yudistira jilid 3
LKS dalam lingkungan sendiri
XII. PENILAIAN

SK.1
KD 1 QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29 ( TES UNJUK KERJA )
KD.2 Menjelaskan arti QS. al Kafirun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. al Kahfi : 29
TES LISAN / TERTULIS
KD.3 Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al
Kafiiruun, QS. Yunus : 40-41, dan QS. Al Kahfi : 29
( OBSERVASI )
SK.2
KD .1
Membaca QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 ( TES UNJUK KERJA )
KD .2
Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10
TES LISAN / TERTULIS
KD .3
Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Al Mujadalah :
11 dan QS. Al Jumuah : 9-10 ( OBSERVASI )

SK .3

KD.1
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
( OBSERVASI )

KD.2
Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir
( OBSERVASI )
KD.3
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari
( OBSERVASI )
SK .4
KD.1
Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh
TES LISAN / TERTULIS
KD.2
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
( OBSERVASI )
KD.3
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
( OBSERVASI )
SK .5
KD.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam
TES LISAN / TERTULIS
KD. 2
Menjelaskan hikmah perkawinan
TES LISAN / TERTULIS
KD.3
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
TES LISAN / TERTULIS
SK .6
KD.1
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia TES LISAN / TERTULIS
KD.2
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia TES LISAN / TERTULIS
KD.3
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia TES LISAN / TERTULIS
Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 TES UNJUK KERJA
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 TES LISAN / TERTULIS
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan
QS. Al Baqarah : 164 TES LISAN / TERTULIS
Teknik Penilaian : Pengukuran, Penilaian, Pengujian, Evaluasi
Pengukuran Untuk Mengetahui Karakter
Penilaian Untuk Mengetahui Tingkat Kompetensi
Pengujian Untuk Mengetahui Kompetensi Secara Komperhensif
Evaluasi Untuk Mengetahui yang Terkait Dengan Program

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar