Senin, 01 Agustus 2011

PENDIDIKAN KARAKTER BERNUANSA SURAU SMA N 1 GUNUNG TALANG

PENDIDIKAN KARAKTER BERNUANSA SURAU
SMA N 1 GUNUNG TALANG

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 yang diamandemen mengamanatkan agar pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan sistem pendidikan nasional yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta meningkatkan akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Sejalan dengan itu, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 3 menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia sebagai karsa sila pertama Pancasila akan terbentuk melalui proses pendidikan dan proses kehidupan, khususnya kehidupan beragama dan pendidikan agama Islam. Proses pendidikan ini seyogyanya terjadi dan berlangsung seumur hidup manusia baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun di masyarakat. Seperti halnya sekolah full day perlu adanya nuansa religius yang dapat membentuk siswa yang berkarakter spiritual.
Peningkatan Kualitas Pendidikan Bernuansa Surau merupakan salah satu program unggulan dan kebijakan lokal pemerintah daerah propinsi Sumatera Barat, yang berkaitan juga dengan adanya sistem full day di sekolah. Di mana dengan keberadaan siswa dari pagi sampai sore, terkadang membuat siswa jenuh berada di sekolah, Namun secara teori Ada tiga hal yang melatarbelakangi lahirnya kebijakan ini. Yaitu:
Pertama, adanya kegelisahan dan kekhawatiran para praktisi pendidikan tentang kemampuannya dalam melahirkan tokoh-tokoh kenamaan sekaliber Hamka, Moh. Hatta, ST. Syahrir, M. Natsir, M. Yamin, Agus Salim, dan lainnya di masa mendatang. “Pahlawan nasional asal Sumatera Barat dikenal bukan karena kelihaiannya di medan perang, melainkan karena keilmuan dan keulamaannya”. Sementara tokoh-tokoh tersebut mengakui dan diakui oleh banyak orang sebagai hasil dari pendidikan surau di masa lampau.
Kedua, kondisi pendidikan di lembaga pendidikan formal tampaknya lebih berorientasi kepada aspek kognitif Akibatnya, tidak terjadi korelasi positif yang signifikan antara ilmu pengetahuan yang didapat dengan akhlak mulia yang ditampilkan. Mestinya, semakin tinggi ilmu seseorang semakin baik akhlaknya baik kepada Sang Khaliq maupun sesama makhluk-Nya. Padahal surau sebagai lembaga pendidikan Islam pada masa lalu dapat merealisasikannya..
Ketiga, lahirnya otonomi daerah sejak tahun 1999 sesungguhnya memotivasi setiap daerah untuk menonjolkan keunggulan daerahnya masing-masing sebagai karakter daerah yang membedakannya dengan yang lain. Hal ini semakin kuat dengan adanya kurikulum 2006 yang menginginkan adanya keunggulan dari setiap pendidikan yang ada di daerah. Wilayah Sumatera Barat sangat kuat dengan adat (Minangkabau) dan agama (Islam) sehingga dikenal falsafah Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”.
Sejarah membuktikan, surau sebagai lembaga pendidikan telah memainkan peranan besar dalam melestarikan dan mewujudkan falsafah tersebut. Namun sejak awal tahun 1970-an, fungsi surau secara lambat laun mulai mengalami pergeseran fungsi dan peran dalam mendidik dan melahirkan sumber daya mansia yang berkualitas iman, ilmu,dan,amal.
Bertitik tolak dari masalah tersebut, maka muncul gagasan untuk mengaktualisasikan penanaman nilai-nilai Karakter yang akan menjadi budaya dan kultur sekolah.
SMA N 1 Gunung Talang menjadi lebih baik dan dapat menciptakan peserta didik unggul dibidang akademis berkarakter serta taat dalam beribadah, hal ini dilaksanakan melalui melalui Sosialisasi, Ceramah agama, Pengembangan diri, pelatihan, mentoring dan pembiasaan nilai-nilai karakter.
.
B. DASAR
1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang diamandemen.
2. Undang-Undang Nomor 25 tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional.
3. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tenta. Sistem Pendidikan Nasional
4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2005 – 2025.
5. Peraturan. Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
6. Peraturan. Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
7. Peraturan Presiden No. 5 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2005-2014 Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Nasional Tahun 2010.
8. Peraturan Menteri Agama Nomor 3 tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Agama.
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan. Pendidikan Dasar dan Menengah.
11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
12. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2010 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014.
13. Peraturan Daerah No.2 Tahun 2003 tentang wajib pakaian berbusana muslim
14. Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2007 tentang Pendidikan Al-Qur’an tingkat SD,SLTP,dan SLTA.

C. TUJUAN
1. Membentuk watak dan sikap peserta didik agar menjadi manusia yang cerdas, religis, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, berprestasi, komunikatif, cinta damai, cinta lingkungan, peduli sosial, memiliki perencanaan masa depan dan bertanggung jawab.
2. Meningkatkan aktifitas dalam mengoptimalkan kegiatan penanaman akhlak mulia melalui pendidikan bernuansa surau

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Terbentuknya karakter peserta didik yang cerdas, religis, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, berprestasi, komunikatif, cinta damai, cinta lingkungan, peduli sosial, memiliki perencanaan masa depan dan bertanggung jawab
2. Terwujudnya suasana yang bernuansa surau di SMA N 1 Gunung Talang
E. SASARAN
Seluruh warga sekolah ( peserta didik, guru, pegawa tata usaha dan Komite sekolah )









BAB II
IDENTITAS SEKOLAH


A. VISI SEKOLAH
Menuju sekolah Nasional berstandar Internasional, unggul dalam mutu serta panutan dan bertaqwa

B. MISI SEKOLAH
a. Meningkatkan profesionalitas guru dan manajement sekolah.
b. Memaksimalisasi pelaksanaan PBM dan belajar tambahan yang berkualitas untuk menghasilkan siswa unggul.berprestasi dapat melanjutkan keperguruan tinggi dan mampu bersaing dilapangan kerja
c. Mengoptimalkan berbahasa inggris secacara aktif
d. Memanfaatan sarana dan prasarana pokok dan penunjang dengan pola modernisasi
e. Melakukan bimbingan Life Skill dan ekstra kurikuler
f. Menghasilkan Peserta didik yang berkarakter dan taat dalam menjalankan ajaran agama
g. Menghasilkan Peserta didik yang dapat menjadi panutan
C. SASARAN PROGRAM SEKOLAH
SASARAN PROGRAM 1 TAHUN
(2010/2011 – Program Jangka Pendek) SASARAN PROGRAM 4 TAHUN
(2010/2014 – Program Jangka Menengah)
SASARAN PROGRAM 8TAHUN
(2010/2017 – Program Jangka Panjang)
Kehadiran Peserta didik lebih dari 87%, Kehadiran Guru dan Karyawan lebih 97 %
Kehadiran Peserta didik lebih dari 90%, Kehadiran Guru dan Karyawan lebih dari 98 % Kehadiran Peserta didik lebih dari 95 %, Kehadiran Guru dan Karyawan mencapai 100 %
Target pencapaian rata-rata Nilai Ujian Akhir 75 Target pencapaian rata-rata Nilai UAN lulusan 76 Target pencapaian rata-rata Nilai UN lulusan 77
80 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun SMPTN dan /atau PTS 85 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun SMPTN dan /atau PTS 96 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui jalur PMDK maupun SMPTN dan /atau PTS
90 % peserta didik yang
beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. 95 % peserta didik yang
beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. 100 % peserta didik yang
beragama Islam dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
90 % peserta didik memiliki karakter yang bernuansa islami dan menjadi panutan bagi peserta didik dari sekolah lain 95 % peserta didik memiliki karakter yang bernuansa islami dan menjadi panutan bagi peserta didik dari sekolah lain. 100 % peserta didik memiliki karakter yang bernuansa islami dan menjadi panutan bagi peserta didik dari sekolah lain
Memiliki ekstra kurikuler unggulan ( Olah Raga : bola kaki, Basket Ball, dan silat ) Extra kurikuler unggulan dapat menjuarai tingkat kabupaten ( Olah Raga : bola kaki, Basket Ball, dan silat ) Ekstrakurikuler unggulan dapat meraih prestasi tinggkat propinsi ( Olah Raga : bola kaki, Basket Ball, dan silat )
65 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. 70 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris. 85 % peserta didik dapat aktif berbahasa Inggris.
95 % peserta didik dapat mengoperasikan mengoperasikan program Ms Word dan Ms Excel, Power point dan Internet 97 % peserta didik dapat mengoperasikan program komputer (Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet) dan melakukan perawatan software dan hardware sederhana. 100 % peserta didik dapat mengoperasikan 2 program komputer (Microsoft Word, Excel, Power point dan Internet) dan melakukan perawatan software dan hardware sederhana.
Memiliki program pembinaan olimpiade Sain yang dapat menjuarai tingkat propinsi dan Nasional minimal satu bidang studi Memiliki program pembinaan olimpiade Sain yang dapat menjuarai tingkat propinsi dan Nasional Memiliki program pembinaan olimpiade Sain yang dapat menjuarai tingkat propinsi dan Nasional

Sasaran program tersebut selanjutnya ditindak lanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut:
1. Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan melalui pelatihan dan mentoring.
2. Melaksanakan program pendidikan Karakter yang bernuansa surau ( Ceramah agama, ESQ, muhasabah, bimbingan menerjemahkan Al Qur’an / hafiz, dan latihan muhadharah dan pembiasaan kultur islami )
3. Membentuk Rohis dan Forum An Nisa melalui OSIS bidang Ketaqwaan pada Tuhan YME
4. Mengadakan jam tambahan pada utuk menghadapi UN dan SMPTN
5. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak lain dalam memajukan sekolah seperti LIA , FKPIS dan lain-lain
6. Melaksanakan Peringan Hari Besar Islam
7. Membentuk Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 1 Gunung Talang,
8. Melakukan pengembangan diri ( silat, kader muballigh, tahfiz, musik islami, LCC UUD 1945 / konstitusi )
9. Menyelenggarakan turnamen bupati cup bidang olah raga basket yang bersifat tahunan dan mengikuti kejuaraan olah raga lainnya,
10. pembiasaan peserta didik berkomunikasi dengan bahasa Inggris (melalui: English day - English Club - kelompok gemar Bahasa Inggris, English Camp )
11. Melengkapi sarana mushalla dan melaksanakan kegiatan keagamaan ( shalat dhuha, shalat zuhur dan ashar berjamaah dam shalat jum’at )


D. PROFIL SEKOLAH
a. Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gunung Talang
b. Status : Negeri - Masuk SMA-SKM/SSN
Tahun 2007/ 2008
c. Alamat Sekolah : Jl. Pasar Usang Cupak
Kabupaten Solok Sumatera Barat
d. Telepon/ Fax : 0755 7333270 dan Fax. 0755 7333270
e. Email : sman1.gngtlg@gmail.com
sman1_guntal@yahoo.co.id
f. Kode Pos : 27364
g. No.Statistik Sekolah : 301080405004
h. Pimpinan Sekolah
1. Kepala Sekolah : Milbusri, S.Pd.MM
2. Wk. Kurikulum : Drs. Ali Imran
3. Pembantu Wk. Kurikulum : Elmi Yunisra, S.Pd
4. Wk. Kesiswaan : Drs. Rizal Ikhlas, M.Pd
5. Wk. Sarana : Sulasman, S.Pd
6. Wk. Humas : Drs. Ridwan Musa
7. Kepala TAS : Oksrinola Putrilia, SE
i. Jumlah Siswa : 781 orang
j. Jumlah Rom. Belajar : 24
k. Jumlah Guru : 54 orang
l. Jumlah Pegawai TU : 13 orang
m. Luas Tanah Lokasi : 16.400 M²





n. Sarana dan Prasarana :

No Bangunan/ Ruang Luas Jlh Ket
1 Ruang belajar kelas 8 x 8 M 22 Perlu perbaikan ringan
2 Labor IPA 8 x 12 M 2 Labor Biologi sedang dibangun
Alat-alat belum lengkap
3 Ruang Labor Bahasa 9 x 16 M 1 Ruang baik, alat blm lengkap
4 Ruang wakil kepala sekolah 3,5 x 7,5M 1 Sempit
5 Ruang majelis Guru 7,5 x 10 M 1 Sempit
6 Ruang kepala sekolah 7 x 4 M 1 Sempit
7 Ruang Tata Usaha 7 x 4 M 1 Sempit
8 Ruang Komputer Tu 4 x 3,5 M 1 Baik
9 Gudang TU 4 x 3,5 M 1 Baik
10 Ruang TIK 8 x 8 M 1 Baik
11 Ruang Multi Media 24 x 8 M 1 Baik dan lengkap
12 Musalla( ruang Ibadah ) 8 x 12 M 1 Perlu perluasandan perbaikan
13 Kafetaria 4 x 6 M 3 Baik
15 Perpustakaan 8 x 12 M 1 Baik
16 Ruang UKS 4 x 8 M 1 Baik
17 Ruang BK 4 x 8 M 1 Baik
18 Ruang Osis 3 x 8 M 1 Baik
19 Ruang KPN 3 x 4 M 1 Baik
20 Toko Kopsis 4 x 8 M 1 Baik
21 Kamar Mandi WC Guru 3 x 6 M 2 Perbaikan ringan
22 Kamar mandi WC siswa 6 x 6 M 3 Perbaikan ringan
23 Parkir kendaraan honda 8 x 4 M 2 Baik
24 Ruang Internet 6 x 6 M 2 Baik
25 Lapangan Basket 20 x 35 M 1 Baik
26 Lapangan Volly 13 X 22 M 1 Baik
27 Lapangan Takraw 15,6 x 8,10 M 1 Baik
28 Lapangan Bulu Tangkis 15,6 x 8,10 M 1 Baik
29 Taman Kelas 4 x 8 M 20 Baik
30 Taman Kantor 4 x 10 M 2 Baik
31 Taman Kolam 25 x 20 M 1 Baik / terawat
32 Jalan Masuk ( Gang ) 4 x 30 M 2 Baik dan terawat
33 Ruang Tamu ( Kaca ) 3 x 8 M 1 Baik
34 Lbg. Pembuangan sampah akhir 8 x 6 M 1 Baik
Luas Lahan Yang digunakan 5.458,97 M²
Luas Lahan Kosong 10.967,03 M²






























BAB III
PELAKSANAAN
A. PROGRAM
1. Nama Kegiatan
Pendidikan karakter bernuansa surau SMA N ! Gunung Talang Tahun 2011
2. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan :


NO
NILAI DESKRIPSI
1 Religius Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
2 Jujur Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3 Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
4 Disiplin Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5 Kerja keras Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6 Kreatif Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7 Mandiri Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8 Demokratis Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9 Rasa ingin tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10 Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11 Cinta Tanah Air Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12 Menghargai Prestasi Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13 Bersahabat/
Komunikatif Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14 Cinta Damai Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15 Gemar Membaca Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16 Peduli Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17 Peduli Sosial Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18 Tanggung-jawab Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

3. Implementasi Pendidikan Karakter pada Kegiatan sekolah
a. Kegiatan Rutin
Pembimbing : mentor
Kegiatan rutin merupakan kegiatan yang dilakukan peserta didik secara terus menerus
dan konsisten setiap saat.
menerapkan program 5 S ( Senyum, Salam,Sapa,Sopan dan Santun ),
dan sebagainya.
b. Kegiatan spontan
Pembimbing : Mentor
Kegiatan spontan yaitu kegiatan yang dilakukan secara langsung pada saat itu juga.
Contoh kegiatan spontan untuk perbuatan baik misalnya pujian terhadap peserta
didik yang melerai temannya berkelahi, menolong teman yang jatuh dari motor,
dan sebagainya.
c. Keteladanan
Pembimbing : Mentor
Keteladanan adalah perilaku/sikap semua warga sekolah yang dapat dijadikan
panutan.
misalnya tidak pernah terlambat, berpakaian rapi, bertutur kata sopan,
gemar membaca, dan sebagainya.
d. Pengkondisian.
Pelaksana : Sekolah
Pengkondisian adalah upaya sekolah menciptakan kondisi untuk mendukung
keterlaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Dengan menyediakan
tong sampah organik dan unorganik
e. Pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui budaya sekolah
Pelaksana : seluruh Warga sekolah
Budaya sekolah adalah suasana kehidupan sekolah dimana terjadi interaksi
antar Warga sekolah. Interaksi tersebut terikat oleh berbagai aturan, norma,
dan etika yang berlaku di sekolah. Kepemimpinan, keteladanan, keramahan,
toleransi, kerja keras, disiplin, kepedulian sosial, kepedulian lingkungan

B. BIAYA
1. SUMBER DANA
APBD PROPINSI SUMATERA BARAT
APBD KABUPATEN SOLOK
KOMITE SMA N 1 GUNUNG TALANG
2. RENCANA PENGELUARAN
• ADMINISTRASI
1. ATK Rp 940.000,00
2. penyusunan proposal
a. Honor panitia menyusun proposal Rp 2.000.000,00
b. Konsumsi panitia menyusun proposal Rp 80.000,00
b. Transpor panitia mengantar proposal ke
Padang Rp 200.000,00
3. penyusunan Laporan
a. Honor panitia menyusun laporan Rp 2.000.000,00
b. Konsumsi panitia menyusun laporan Rp 80.000,00
b. Tanspor panitia mengantar laporan ke
padang Rp 200.000,00
• KEGIATAN BERBASIS IMTAQ / KARAKTER
1. Kegiatan Sosialisasi Pendidikan
karakter bernuansa surau
a. Honor Instruktur 2 oang @ Rp 500.000,- Rp 1.000.000,00
b. Konsumsi panitia, peserta dan instruktur 75 orang Rp 3.000.000,00
@ Rp 20.000,-X 2 hari
c. Uang harian peserta Sosialisasi 75 orang Rp 3.750.000,00
@ Rp 25.000,-X 2 hari
2. Honor instruktur ESQ Rp 2.700.000,00
3. Pengintegrasian Pendidikan
berkarakter kedalam mata pelajaran
a. Honor Instruktur Rp 250.000,00
b. Konsumsi panitia, peserta dan instruktur 54 orang Rp 1.080.000,00
@ Rp 20.000,
c. Uang harian peserta Pelatihan pengintegrasian 54
orang @ Rp 25.000 Rp 1.350.000,00
4. Ceramah agama
a. Honor Ustaz 10 kali pertemuan @ Rp 200.000,- Rp 2.000.000,00
b. Snek panitia, peserta dan instruktur 70 orang Rp 1.400.000,00
@ Rp 2.000,- X 10 Kali Pertemuan
5. Honor Panitia Pelaksana pendidikan berkarakter Rp 6.000.000,00
bernuansa surau
6. penunjang kegiatan / evaluasi program 2 kali
pertemuan di Hill Hotel Bukittinggi Rp 5.500.000,00
sebanyak 3 oarng
• PENGEMBANGAN DIRI :
1. Kader Muballigh
a. Honor pembina 4 orang @ Rp25.000,- Rp 1.500.000,00
15 Kali pertemuan
b. Konsumsi panitia 4 orang @ Rp20.000,- ,
15 Kali pertemuan Rp 1.200.000,00
2. Silat
Honor pembina 2 orang Rp 25.000,- X
10 Kali Pertemuan Rp 500.000,00
3. Pemahaman Undang-undang Dasar / Pancasila
a. Honor pembina 2 orang Rp 25.000,- ,
10 Kali Pertemuan Rp 500.000,00
b. Konsumsi panitia / pembina 2 orang Rp 20.000,- , Rp 400.000,00
10 Kali Pertemuan
3. Nasyid / Musik islami
a. Honor pembina 4 orang Rp 25.000,-
10 Kali Pertemuan Pertemuan Rp 1.000.000,00
b. Konsumsi panitia / pembina 4 orang Rp 20.000,- Rp 800.000,00
10 Kali Pertemuan
4. Pembiasaan
1. hadiah lomba 6 K Rp 600.000,00
2.Honor mentor kegiatan : Rp 20.000.000,00
a. Shalat zuhur berjaah
b. 5 S
c. Shalat duha
d. Shalat jum'at
e. Melaksanakan kegiatan sosial
f. Bulan bakti
g. Kultum setiap hari Jum'at
h. Membaca doa dan Al Qur'an
pada awal dan akhir PBM
i. Tahfiz Al Qur'an
j.melaksanakan shalat ashar berjamaah
dan pulang sesudah shalat ashar
4. .Reword bagi guru yang datang pagi Sebelum
07.15 Wib dan pulang sesudah shalat ashar Rp 10.000.000,00
5. penunjang kegiatan / evaluasi program 2 kali
pertemuan Rp 2.750.000,00
di Hill Hotel Bukittinggi sebanyak 3 oarng


• PENGEMBANGAN KULTUR SEKOLAH DAN
SARANA PENUNJANG
1. Membeli tikar mushalla 10 gulung @ Rp 525000 Rp 5.250.000,00
2. Membuat slogan, spanduk dan lain-lain Rp 1.090.000
3. membeli sandal untuk mushalla 70 pasang @ 20.000,- Rp 1.400.000
4. Pembelian Sound system untuk mushalla 1 Paket Rp 6.000.000,00
J u m l a h Rp 86.520.000,00

C. TRATEGI
a. Starategi I,
Dengan melibatkan berbagai unsur dalam kegiatan pendidikan
karakter bernuansa surau, yakni :
1. Kepala sekolah
2. Wakil Kepala Sekolah
3. Guru
4. Pegawai Tata Usaha
5. Komite Sekolah
6. Pemda Kabupaten Solok

b. Strategi II
Dengan Membentuk Panitia , antara lain :
No Nama Jabatan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15 Milbusri,S.Pd, MM
Drs. Ali Imran
Oksrinola Putrilia, SE
Dra. Hj. Darnis
Nofriza, S.Pd.I
Doni Jaswanda, S.Pd.I
Sulasman, S.Pd
Rizal Ikhlas, M.Pd
Drs.Ridwan Musa
Elmi Yunisra, S.Pd
Drs. Raflis Yunus
Dra. Nelza Israninda
Nurhemida, Ma
Susmaini, S.Pd
Dra. Marlis Penanggung Jawab
Ketua
Sekretaris
Bendahara
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota

c. Strategi III,
Dengan menyusun tugas panitia, sebabgai berikut :
No Jabatan Uraian Tugas
1 Penanggung Jawab Melakukan pembinaan dan arahan kepada panitia pelaksana
2 Ketua
Mengkordinir pelaksanaan program pendidikan karakter bernuansa surau pada SMA N 1 Gunung Talang
3 Sekretaris
Melaksanakan kegiatan dibidang Administrasi pelaksanaan program pendidikan karakter bernuansa surau pada SMA N 1 Gunung Talang
4 Bendahara
Melakukan pembayaran yang berhubungan dengan pelaksanaan program pendidikan karakter bernuansa surau pada SMA N 1 Gunung Talang setelah disetujui Penanggung Jawab / Ketua Pelaksana
5 Anggota
Membantu kelancaran pelaksanaan program pendidikan karakter bernuansa surau pada SMA N 1 Gunung Talang





d. Strategi III,
Dengan menyusun Implementasi Pendidikan Karakter bernuansa surau

NO
NILAI KARAKTER
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN

1 Religius • Beraqidah lurus
• Beribadah yang benar
• Berdo’a sebelum mulai dan sesudah selesai pembelajaran
• Mengaitkan materi pembelajaran dengan kekuasan Tuhan Yang Maha Kuasa
• Melaksanakan shalat dhuha
• Melaksanakan shalat zhuhur secara berjamaah
• Melaksanakan shalat ashar secara berjamah
Tahfiz Al Qur’an min 1 juz
Program Tahfiz
 Setoran hafalan 1 juz ayat Al Qur’an
Program penunjang
 Tilawah Al quran / tahfiz sesudah shlat zuhur berjamah selama 5 menit.
 Musabaqah hifzil quran
 Reward discount SPP bagi yang hafal diatas 3 juz
2 Jujur • Membuat laporan hasil percobaan sesuai dengan data yang diperoleh.
• Tidak pernah menyontek dalam ulangan
• Tidak pernah berbohong dlm berbicara
• Mengakui kesalahan
• Terbuka dalam memberi penilaian kepada peserta didik
3 Toleransi • Pelayanan yang sama terhadap peserta didik tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
• Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
• Bekerja dalam kelompok dengan teman-teman yang berbeda jenis kelamin, agama, suku, dan tingkat kemampuan
• Tidak memaksakan pendapat atu kehendak kepada orang lain
• Hormat menghormati ( tau kato nan ampek )
• Raso jo pareso
• Baso basi
• Sopan santun
• Raso jo pareso
• Manyauk dihikie hilie bakato dibawah-bawah
4 Disiplin • Hadir tepat waktu
• Mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran
• Mengikuti prosedur kegiatan pembelajaran
• Menyelesaikan tugas tepat waktu
5 Kerja keras • Berupaya dengan gigih untuk menciptakan semangat kompetisi yang sehat
• Substansi pembelajaran menantang peserta didik untuk berpikir keras
• Menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru
• Berupaya mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi

6 Kreatif • Menciptakan situasi belajar yang mendorong munculnya kreativitas peserta didik
• Memberi tugas yang menantang munculnya kreativitas peserta didik (tugas projek, karya ilmiah, dsb)
• Menghasilkan suatu karya baru, baik otentik maupun modifikasi
7 Mandiri • Dalam ulangan tidak mengharapkan bantuan kepada orang lain
• Penyelesaian tugas-tugas yang harus dikerjakan secara mandiri
• Mempresentasikan hasil pelaksanaan tugas-tugas yang diberikan
• Memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan rasa percaya diri
8 Demokratis • Pembelajaran yang dialogis dan interaktif
• Keterlibatan semua peserta didik secara aktif selama pembelajaran
• Menghargai setiap pendapat peserta didik
9 Rasa ingin tahu • Penerapan eksplorasi dan elaborasi dalam pembelajaran
• Memanfaatkan media pembelajaran (cetak dan elektronik) yang menumbuhkan keingintahuan
• Menumbuhkan keinginan untuk melakukan penelitian
• Berwawasan yang luas
10 Semangat kebangsaan • Bekerjasama dengan teman yang berbeda suku/etnis
• Mengaitkan materi pelajaran dengan peristiwa yang menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotism
11 Cinta tanah air • Menyanyikan lagu-lagu perjuangan
• Diskusi tentang kekayaan alam, budaya bangsa, peristiwa alam, dan perilaku menyimpang
• Menumbuhkan rasa mencintai produk dalam negeri dalam pembelajaran
• Menggunakan media dan alat-alat pembelajaran produk dalam negeri
12 Menghargai prestasi • Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menampilkan ide, bakat, dan kreasi
• Pujian kepada peserta didik yang telah menyelesaikan tugas dengan baik, mengajukan ide cemerlang, atau menghasilkan suatu karya
• Trampil
13 Bersahabat/ komunikatif • Pengaturan kelas memudahkan peserta didik berinteraksi
• Diskusi kelompok untuk memecahkan suatu masalah
• Melakukan bimbingan kepada peserta didik yang memerlukan
• Mengajukan dan menjawab pertanyaan dengan santun
• Menyajikan hasil tugas secara lisan atau tertulis
14 Cinta damai • Tidak saling mengejek dan memburuk-burukkan orang alin
• Saling menjalin kerjasama dan tolong menolong
• Menciptakan suasana damai dilingkungan sekolah
• Saiyo sakato / sahino samalu
15 Gemar membaca • Penugasan membaca buku pelajaran dan mencari referensi
• Peserta didik lebih mengutamakan membeli buku dibanding dengan yang lainnya
16 Peduli lingkungan • Kebersihan ruang kelas terjaga
• Menyediakan tong sampah organik dan unorganik
• Hemat dalam penggunaan bahan praktik
• Penanganan limbah bahan kimia dari kegiatan praktik
17 Peduli social • Tanggap terhadap teman yang mengalami kesulitan .
• Tanggap terhadap keadaan lingkungan
• Kaba baiak bahimbauan, kaba buruak ba hambauan
• Barek samo dipikuo, ringan samo dijinjiang
18 Tanggung jawab • Selalu melaksanakan tugas sesuai dengan aturan/kesepakatan
• Bertanggung jawab terhadap semua tindakan yang dilakukan

D. WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan Peogram Kegiatan Pendidikan Karakter Bernuansa Surau dilaksan
dari bulan April 20111 sd Desember 2011































BAB IV
P E N U T U P

A. KESIMPULAN
pendidikan karakter yang bernuamsa surau dilakukan melalui integrasi pada mata pelajaran,
pengembangan diri dan budaya sekolah. Pendidikan budaya dan karakter bangsa pada intinya
bertujuan mengembangkan karakter setiap individu agar mampu mewujudkan nilai-nilai luhur
Pancasila; mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku
baik, memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur; dan meningkatkan
peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia. Proses ini melibatkan kerjasama
seluruh warga sekolah. Sehubungan dengan itu, pendidikan karakter yang bernuamsa surau
di SMA Negeri 1 Gunung Talang dilakukan dengan pendekatan sistematik dan integratif dengan
optimalisasi seluruh sumber daya pendukung yang ada di sekolah, keluarga, dan di
masayarakat. Adapun pendanaannya bersumber dari APBD Propinsimsi Sumatera Barat,
APBD Kabupaten Solok dan Komite SMA N 1 Gunung Talang

B. SARAN
1. Agar program ini dapat terlaksana dengan baik, dibutukan dukungan dari semua pihak
( warga sekolah, masyarakat dan pemerintah )
2. Agar pendanaan Program ini dapat ditingkatkan dimas ayang akan datang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar