Senin, 01 Agustus 2011

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERNUANSA SURAU

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERNUANSA SURAU
SMA NEGERI 1 GUNUNG TALANG TAHUN 2011
Nama :
Kelas :

No NILAI KARAKTER KEGIATAN APRIL MEI JUNI JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOVEMBER DESEMBER KETERANGAN
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Religius ·     Beraqidah lurus
·     Beribadah yang benar
·     Berdo’a sebelum mulai dan sesudah selesai pembelajaran
·     Mengaitkan materi pembelajaran dengan kekuasan Tuhan Yang Maha Kuasa
·     Melaksanakan shalat dhuha
·     Melaksanakan shalat zhuhur secara berjamaah
·     Melaksanakan shalat ashar secara berjamah
Tahfiz Al Qur’an min 1 juz
Program Tahfiz
ü  Setoran hafalan ayat dalam satu minggu Al Qur'an

Program penunjang
Ø  Tilawah AL Quran / tahfiz sesudah shlat zuhur berjamah selama 5 menit.
2 Jujur ·      Membuat laporan hasil percobaan sesuai dengan data yang diperoleh.
·      Tidak pernah menyontek dalam ulangan
·      Tidak pernah berbohong dlm berbicara
·      Mengakui kesalahan
·      Terbuka dalam memberi penilaian kepada peserta didik
3 Toleransi ·      Pelayanan yang sama terhadap peserta didik tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
·      Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
·      Bekerja dalam kelompok dengan teman-teman yang berbeda jenis kelamin, agama, suku, dan tingkat kemampuan
·      Tidak memaksakan pendapat atu kehendak kepada orang lain
·      Hormat menghormati ( tau kato nan ampek )
·      Raso jo pareso
·      Baso basi
·      Sopan santun
·      Raso jo pareso
·      Manyauk dihikie hilie bakato dibawah-bawah

4 Disiplin ·      Hadir tepat waktu
·      Mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran
·      Mengikuti prosedur kegiatan pembelajaran
·      Menyelesaikan tugas tepat waktu
5 Kerja keras ·      Berupaya dengan gigih untuk menciptakan semangat kompetisi yang sehat
·      Substansi pembelajaran menantang peserta didik untuk berpikir keras
·      Menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru
·      Berupaya mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi
6 Kreatif ·      Menciptakan situasi belajar yang mendorong munculnya kreativitas peserta didik
·      Memberi tugas yang menantang munculnya kreativitas peserta didik (tugas projek, karya ilmiah, dsb)
·      Menghasilkan suatu karya baru, baik otentik maupun modifikasi
7 Mandiri ·      Dalam ulangan tidak mengharapkan bantuan kepada orang lain
·      Penyelesaian tugas-tugas yang harus dikerjakan secara mandiri
·      Mempresentasikan hasil pelaksanaan tugas-tugas yang diberikan
·      Memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan rasa percaya diri
8 Demokratis ·      Pembelajaran yang dialogis dan interaktif
·      Keterlibatan semua peserta didik secara aktif selama pembelajaran
·      Menghargai setiap pendapat peserta didik
9 Rasa ingin tahu ·      Penerapan eksplorasi dan elaborasi dalam pembelajaran
·      Memanfaatkan media pembelajaran (cetak dan elektronik) yang menumbuhkan keingintahuan
·      Menumbuhkan keinginan untuk melakukan penelitian
·      Berwawasan yang luas
10 Semangat kebangsaan ·     Bekerjasama dengan teman yang berbeda suku/etnis
·     Mengaitkan materi pelajaran dengan peristiwa yang menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotism
11 Cinta tanah air ·      Menyanyikan lagu-lagu perjuangan
·      Diskusi tentang kekayaan alam, budaya bangsa, peristiwa alam, dan perilaku menyimpang
·      Menumbuhkan rasa mencintai produk dalam negeri dalam pembelajaran
·      Menggunakan media dan alat-alat pembelajaran produk dalam negeri
12 Menghargai prestasi ·      Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menampilkan ide, bakat, dan kreasi
·      Pujian kepada peserta didik yang telah menyelesaikan tugas dengan baik, mengajukan ide cemerlang, atau menghasilkan suatu karya
·      Trampil
13 Bersahabat/ komunikatif ·      Pengaturan kelas memudahkan peserta didik berinteraksi
·      Diskusi kelompok untuk memecahkan suatu masalah
·      Bimbingan kepada peserta didik yang memerlukan
·      Mengajukan dan menjawab pertanyaan dengan santun
·      Menyajikan hasil tugas secara lisan atau tertulis
14 Cinta damai ·         Tidak saling mengejek dan memburuk-burukkan orang alin
·         Saling menjalin kerjasama dan tolong menolong
·         Menciptakan suasana damai dilinglungan sekolah
·         Saiyo sakato / sahino samalu
15 Gemar membaca ·      Penugasan membaca buku pelajaran dan mencari referensi
·      Peserta didik lebih mengutamakan membeli buku dibanding dengan yang lainnya
16 Peduli lingkungan ·      Kebersihan ruang kelas terjaga
·      Menyediakan tong sampah organik dan unorganik
·      Hemat dalam penggunaan bahan praktik
·      Penanganan limbah bahan kimia dari kegiatan praktik
17 Peduli social ·      Tanggap terhadap teman yang mengalami kesulitan .
·      Tanggap terhadap keadaan lingkungan
·      Kaba baiak bahumbauan, kaba buruak ba hambauan
·      Barek samo dipikuo, ringan samo dijinjiang
18 Tanggung jawab ·         Selalu melaksanakan tugas sesuai dengan aturan/kesepakatan
·         Bertanggung jawab terhadap semua tindakan yang dilakukan

Mengetahui :
Kepala Sekolah, Mentor



MILBUSRI, S.Pd, MM
NIP. 19621005 198512 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar