PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERNUANSA SURAU
SMA NEGERI 1 GUNUNG TALANG TAHUN 2011
Nama :
Kelas :
No NILAI KARAKTER KEGIATAN APRIL MEI JUNI JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOVEMBER DESEMBER KETERANGAN
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Religius · Beraqidah lurus
· Beribadah yang benar
· Berdo’a sebelum mulai dan sesudah selesai pembelajaran
· Mengaitkan materi pembelajaran dengan kekuasan Tuhan Yang Maha Kuasa
· Melaksanakan shalat dhuha
· Melaksanakan shalat zhuhur secara berjamaah
· Melaksanakan shalat ashar secara berjamah
Tahfiz Al Qur’an min 1 juz
Program Tahfiz
ü Setoran hafalan ayat dalam satu minggu Al Qur'an
Program penunjang
Ø Tilawah AL Quran / tahfiz sesudah shlat zuhur berjamah selama 5 menit.
2 Jujur · Membuat laporan hasil percobaan sesuai dengan data yang diperoleh.
· Tidak pernah menyontek dalam ulangan
· Tidak pernah berbohong dlm berbicara
· Mengakui kesalahan
· Terbuka dalam memberi penilaian kepada peserta didik
3 Toleransi · Pelayanan yang sama terhadap peserta didik tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
· Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
· Bekerja dalam kelompok dengan teman-teman yang berbeda jenis kelamin, agama, suku, dan tingkat kemampuan
· Tidak memaksakan pendapat atu kehendak kepada orang lain
· Hormat menghormati ( tau kato nan ampek )
· Raso jo pareso
· Baso basi
· Sopan santun
· Raso jo pareso
· Manyauk dihikie hilie bakato dibawah-bawah
4 Disiplin · Hadir tepat waktu
· Mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran
· Mengikuti prosedur kegiatan pembelajaran
· Menyelesaikan tugas tepat waktu
5 Kerja keras · Berupaya dengan gigih untuk menciptakan semangat kompetisi yang sehat
· Substansi pembelajaran menantang peserta didik untuk berpikir keras
· Menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru
· Berupaya mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang dihadapi
6 Kreatif · Menciptakan situasi belajar yang mendorong munculnya kreativitas peserta didik
· Memberi tugas yang menantang munculnya kreativitas peserta didik (tugas projek, karya ilmiah, dsb)
· Menghasilkan suatu karya baru, baik otentik maupun modifikasi
7 Mandiri · Dalam ulangan tidak mengharapkan bantuan kepada orang lain
· Penyelesaian tugas-tugas yang harus dikerjakan secara mandiri
· Mempresentasikan hasil pelaksanaan tugas-tugas yang diberikan
· Memotivasi peserta didik untuk menumbuhkan rasa percaya diri
8 Demokratis · Pembelajaran yang dialogis dan interaktif
· Keterlibatan semua peserta didik secara aktif selama pembelajaran
· Menghargai setiap pendapat peserta didik
9 Rasa ingin tahu · Penerapan eksplorasi dan elaborasi dalam pembelajaran
· Memanfaatkan media pembelajaran (cetak dan elektronik) yang menumbuhkan keingintahuan
· Menumbuhkan keinginan untuk melakukan penelitian
· Berwawasan yang luas
10 Semangat kebangsaan · Bekerjasama dengan teman yang berbeda suku/etnis
· Mengaitkan materi pelajaran dengan peristiwa yang menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotism
11 Cinta tanah air · Menyanyikan lagu-lagu perjuangan
· Diskusi tentang kekayaan alam, budaya bangsa, peristiwa alam, dan perilaku menyimpang
· Menumbuhkan rasa mencintai produk dalam negeri dalam pembelajaran
· Menggunakan media dan alat-alat pembelajaran produk dalam negeri
12 Menghargai prestasi · Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menampilkan ide, bakat, dan kreasi
· Pujian kepada peserta didik yang telah menyelesaikan tugas dengan baik, mengajukan ide cemerlang, atau menghasilkan suatu karya
· Trampil
13 Bersahabat/ komunikatif · Pengaturan kelas memudahkan peserta didik berinteraksi
· Diskusi kelompok untuk memecahkan suatu masalah
· Bimbingan kepada peserta didik yang memerlukan
· Mengajukan dan menjawab pertanyaan dengan santun
· Menyajikan hasil tugas secara lisan atau tertulis
14 Cinta damai · Tidak saling mengejek dan memburuk-burukkan orang alin
· Saling menjalin kerjasama dan tolong menolong
· Menciptakan suasana damai dilinglungan sekolah
· Saiyo sakato / sahino samalu
15 Gemar membaca · Penugasan membaca buku pelajaran dan mencari referensi
· Peserta didik lebih mengutamakan membeli buku dibanding dengan yang lainnya
16 Peduli lingkungan · Kebersihan ruang kelas terjaga
· Menyediakan tong sampah organik dan unorganik
· Hemat dalam penggunaan bahan praktik
· Penanganan limbah bahan kimia dari kegiatan praktik
17 Peduli social · Tanggap terhadap teman yang mengalami kesulitan .
· Tanggap terhadap keadaan lingkungan
· Kaba baiak bahumbauan, kaba buruak ba hambauan
· Barek samo dipikuo, ringan samo dijinjiang
18 Tanggung jawab · Selalu melaksanakan tugas sesuai dengan aturan/kesepakatan
· Bertanggung jawab terhadap semua tindakan yang dilakukan
Mengetahui :
Kepala Sekolah, Mentor
MILBUSRI, S.Pd, MM
NIP. 19621005 198512 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar