Jumat, 24 Desember 2010

ANALISIS STANDAR ISI

ANALISIS STANDAR ISI
(KERANGKA DASAR, STRUKTUR, BEBAN BELAJAR DAN KALENDER PENDIDIKAN)
SMA N 1 GUNUNG TALANG



No KOMPONEN SUB KOMPONEN KONDISI IDEAL KONDISI RIL RINCIAN TINDAK LANJUT
I A. Kerangka Dasar Kurikulum










1. Kelompok Mata
Pelajaran











2. Prinsip Pengembangan Kurikulum















3. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
a. kelompok mata pelajaran
agama dan akhlak mulia;
b. kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan
kepribadian;
c. kelompok mata pelajaran
ilmu pengetahuan dan
teknologi;
d. kelompok mata pelajaran
estetika;
e. kelompok mata pelajaran
jasmani, olahraga dan
kesehatan
a. Berpusat pada potensi,
perkembangan,
kebutuhan, dan
kepentingan peserta
didik dan lingkungannya
b. Beragam dan terpadu
c. Tanggap terhadap
perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi,
dan seni
d. Relevan dengan
kebutuhan kehidupan
e. Menyeluruh dan
erkesinambungan
f. Belajar sepanjang hayat
g.Seimbang antara
kepentingan nasional dan
kepentingan daerah

a. Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.
Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
c. Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.
d. Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di belakang memberikan daya dan kekuatan, di tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan teladan).
e. Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan).
f. Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
g. Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan.
belum dianalisis

melakukan workshop dan pendampingan

ANALISIS TUJUAN

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam

Tujuan Ranah Kompetensi Substansi Materi
Implementasi dalam pembelajaran
(Hubungan dg KD)

C A P

1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.





√ √










√ Akidah



Ibadah
Akhlak











ANALISIS / PEMETAAN SK-KD
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Program : XII / Semua Jurusan

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Tingkatan Ranah KD Indikator Pencapaian Tingkatan Ranah IP Materi Pokok Ruang Lingkup Alokasi Waktu
1 2 3
Memahami Ayat-Ayat Al Qur’an Tentang Pengembangan IPTEK

Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164

Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS.Al Baqarah : 164
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164 C.1



C.2



C.2 Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164

Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS.Al Baqarah : 164
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah C.1




C.2



C.2 Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
arti QS Yunus : 101 dan QS.Al Baqarah : 164
pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164 √











90’




60’



30’
















DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SOLOK
SMA NEGERI 1 GUNUNG TALANG
Model P 6a
FORMAT ANALISIS SKL SATUAN PENDIDIKAN

NO SKL SATUAN PENDIDIKAN SKL KELOMPOK MATA PELAJARAN SKL MATA PELAJARN KETERANGAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar