Kamis, 23 Desember 2010

Lampiran Analisis Kontek

LAMPIRAN KURIKULUM

SMA N 1 GUNUNG TALANG



T.P 2010/2011





DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN SOLOK






ANALISIS KONTEK

SMA N 1 GUNUNG TALANG



T.P 2010/2011





DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN SOLOK



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya, kami telah dapat menyusun Analisis Kontek SMA Negeri 1 Gunung Talang. Penyusunan Analisis Kontek ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan sebelum menyusun Kurikulum yang akan diterapkan pada tahun pelajaran baru.
Proses penyusunan analisis kontek SMA N 1 Gunung Talang melibatkan Guru, Tata usaha, Tim Pengembang Kurikulum, Unsur Pimpinan, Kepala Sekolah dan Komite.
Analisis Kontek ini terdiri dari :
1. Analisis 8 Standar Nasional Pendidikan
2. Analisis Kondisi Satuan Pendidikan
3. Analisis Lingkungan Satuan Pendidikan
Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk menyusun Analisis Kontek ini, baik secara langsung atau tidak langsung,
kami menyadari bahwa penyusunann Analisis Kontek ini masih jauh dari kesempurnaan. Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilakukan seiring dengan perubahan dunia pendidikan Indonesia. Saran dan kritik yang bersifat konstruktif kami butuhkan serta diterima dengan tangan terbuka untuk penyempurnaan dimasa yang akan dating.
Akhirnya kami berharap Semoga Analisis Kontek ini bermanfaat bagi kita semua, Amin!

Cupak, 12 Juni 2010,
Kepala SMA N 1 Gunung Talang,



Drs. ASRIJAL, MM
NIP. 196202161986021001




DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar
C. Tujuan Penyusunan Analisis Kontek
BAB II HASIL ANALISIS KONTEK
A. Analisis Standar isi
B. Analisis Standar Proses
C. Analisis Standar Sarana dan Prasarana
D. Analisis Kondisi Lingkungan Eksternal Satuan Pendidikan
BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan
B. Rekomendasi












BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Masyarakat Indonesia dengan laju pembangunannya masih menghadapi masalah pendidikan yang berat, terutama berkaitan dengan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan.

Pembangunan pendidikan merupakan suatu keharusan dan amat penting untuk dilakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pendidikan adalah tahap perencanaan kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Pengkajian Analisis Kontek dilakukan sebelum menyusun Kurikulum SMA Negeri 1 Gunung Talang yang mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.
Proses pembelajaran akan efektif berjalan dengan baik jika semua unsur di SMA Negeri 1 Gunung Talang dapat memahami kurikulum yang ditetapkan serta ikhlas dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.
Perencanaan yang baik bertujuan untuk memenuhi:
1. Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global
2. Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global
3. Sebagai proses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

B. Dasar
Kurikulum SMA N 1 Gunung Talang ini disusun berdasarkan pada beberapa landasan hukum/yuridis, yaitu:

1. Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional fasal 38 ayat 2 dan fasal 51 ayat 1.
3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan fasal 17 ayat 2, fasal 49 ayat 1.
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetesnsi Lulusan.
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan 23 Tahun 2006.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Permendiknas Nomor 24 Taun 2006.
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan.
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian.
10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana.
11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.
12. Permindiknas nomor 12 tahun 2007 tentang standart pengawasan sekolah.
13. Permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik
C. Tujuan Penyusunan Analisis Kontek

1. Meningkatkan pemahaman warga sekolah tentang kondisi nyata sekolah
2. Memudahkan dalam penyusunan program dan kebijakan yang akan ditempuh
3. Menjadi landasan dan acuan serta pedoman tertulis dalam penyusunan kurikulum SMAN 1 Gunung Takang














BAB II
HASIL ANALISIS KONTEK

Proses penyusunan analisis kontek SMA N 1 Gunung Talang melibatkan Guru, Tata usaha, Tim Pengembang Kurikulum, Unsur Pimpinan, Kepala Sekolah dan Komite.
Dalam menyusun Analisis Kontek dilakukan serangkaian kegiatan Rapat, Loka Karya, In House Training dan Penugasan.
Hasil akhir dituangkan dalam sebuah dokumen Analisis Kontek ini terdiri dari :
1. Analisis Standar Isi, berupa analisis SK / KD dan SKL
2. Analisis Standar Proses, terdiri dari Silabus, RPP, Jumlah Rombel, Beban kerja guru, pengelolaan kelas, bahan ajar, sumber belajar, penilaian dan supervisi
3. Analisis Standar Sarana Pendidikan berupa kelengkapan sarana dan prasarana seperti : ruang belajar, kantor, labor, perpustakaan, mushalla, sarana olah raga dan lain-lain.
4. Analisis Standar Penilaian berupa KKM, buku nilai, instrument penilaian, teknik penilaian dan prosdur penilaian
5. Analisis Standar ketenagaan
6. Analisis lingkungan eksternal pendidikan berupa hubungan dengan komite skolah, dinas pendidikan ,dunia usaha/kerja dan alumni
7. Analisis Kondisi satuan pendidikan
Untuk lebih jelasnya tentang Analisis Kontek SMA N 1 Gunung Talang dapat dilihat dalam lampiran berikut ini,









BAB II
PENUTUP

A.Kesimpulan
Proses penyusunan analisis kontek SMA N 1 Gunung Talang melibatkan Guru, Tata usaha, Tim Pengembang Kurikulum, Unsur Pimpinan, Kepala Sekolah dan Komite.
Adapun tujuan dari penulisan Analisis kontek ini untuk :
1. Meningkatkan pemahaman warga sekolah tentang kondisi nyata sekolah
2. Memudahkan dalam penyusunan program dan kebijakan yang akan ditempuh
3. Menjadi landasan dan acuan serta pedoman tertulis dalam penyusunan kurikulum SMAN 1 Gunung Takang
Pengkajian Analisis Kontek dilakukan dalam serangkaian kegiatan Rapat, Loka Karya, In House Training dan Penugasan sebelum menyusun Kurikulum SMA Negeri 1 Gunung Talang yang mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, Standar proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian.

B.Rekomendasi
1. Agar analisis kontek yang telah disusun dijadikan pedoman dalam mengambil segala kebijakan di SMA N 1 Gunung Talang
2. Proses pembelajaran akan efektif berjalan dengan baik jika semua unsur di SMA N 1 Gunung Talang dapat memahami analisis kontek dan kurikulum yang ditetapkan serta ikhlas dalam menjalankan tugas dan kewajibannya







L E M B A R A N P E N G E S A H A N



Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan hasil loka karya dan IHT SMA Negeri 1 Gunung Talang, maka dengan ini menetapkan Analisis Kontek yang akan dijadikan sebagai pedoman dalam penyusunan kurikulum SMA Negeri 1 Gunung Talang 2010/2011 ,




Ditetapkan di cupak
Tanggal 12 Juni 2010,


Ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah,





Drs. AlI MUSBER Drs. ASRIJAL, MM
NIP. 196202161986021001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar