Kamis, 23 Desember 2010

LEMBARAN PENGESAHAN KTSP SMA N 1 GUNUNG TALANG 2010

L E M B A R A N P E N G E S A H A N


Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan dari Komite SMA Negeri 1 Gunung Talang maka dengan ini Kurikulum SMA Negeri 1 Gunung Talang ditetapkan untuk diberlakukan pada Tahun Pelajaran 2010/2011 dan dapat diperbaiki untuk tahun berikutnya,




Ditetapkan di cupak
Tanggal 12 Juni 2010,


Ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah,





Drs. AlI MUSBER Drs. ASRIJAL, MM
NIP. 196202161986021001






Mengetahui:
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga
Propinsi Sumatera Barat




Drs. BURHASMAN, MM
Pembina Utama Madya
NIP. 131413758




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya, kami telah dapat menyusun Kurikulum SMA Negeri 1 Gunung Talang. Penyusunan kurikulum ini merupakan salah satu upaya mengimplementasi Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan menjadi kegiatan pembelajaran yang operasional, siap dilaksanakan oleh sekolah, sesuai dengan karakteristik daerah, serta di-orientasi-kan pada kebutuhan peserta didik.

Kurikulum SMA Negeri 1 Gunung Talang disusun dengan mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP dan model-model pembelajaran atau program yang dihasilkan oleh Pusat Kurikulum. Namun demikian, kami menyadari bahwa kurikulum ini masih belum sempurna. Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilakukan seiring dengan perubahan-perubahan dunia pendidikan Indonesia. Saran dan kritik kami butuhkan serta diterima dengan tangan terbuka untuk penyempurnaan selanjutnya.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh staf sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk menyusun kurikulum ini, dan juga kepada pihak-pihak yang baik secara langsung atau tidak langsung memberikan bantuan selama proses penyusunan Kurikulum SMA N 1 Gunung Talang ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Amin.

Cupak, 12 Juni 2010,
Kepala SMA N 1 Gunung Talang,



Drs. ASRIJAL, MM
NIP. 196202161986021001



DAFTAR ISI KURIKULUM

Lembar Pengesahan ........................................ I
Kata Pengantar ........................................ Ii
Daftar Isi ........................................ Iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ........................................ 1
B. Tujuan dan Hasil yang diharapkan ........................................ 3
C. Landasan dan Prinsip ........................................ 4
BAB II TUJUAN
A. Tujuan Pendidikan Menengah Atas ........................................ 6
B. Visi Sekolah SMAN 1 Gunung Talang ........................................ 6
C. Misi Sekolah ........................................ 6
D. Tujuan Sekolah SMAN 1 Gunung Talang ........................................ 7
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A. Struktur Kurikulum
1.Cakupan kelompok mata pelajaran
2.Struktur Kurikulum
3.Standar Kompetensi lulusan
B. Muatan Kurikulum
1.Mata Pelajaran
2.Muatan Lokal
3.Pengembangan Diri
C. Pengaturan Beban Belajar
D. Ketuntasan Belajar
E. Kenaikan Kelas
F. Kelulusan
G. Penjurusan
H. Pendidikan Kecakapan Hidup .......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................
........................................
........................................
........................................
........................................ 10
10
12
14
33
33
37
40
44
45
52
56
61
62
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN
A. Permulaan Tahun Ajaran
B. Waktu belajar
C. Libur Sekolah
D. Jadwal Kegiatan Akademis
E. Kalender Non Akademis
........................................
........................................
........................................
........................................
........................................

63
63
64
65
67









LAMPIRAN KURIKULUM SMA N 1 GUNUNG TALANG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


1. TATA TERTIB PESERTA DIDIK
2. KODE ETIK GURU DAN PEGAWAI
3. TATATERTIB GURU DAN PEGAWAI
4. TATA TERTIB PERPUSTAKAAN
5. TATA TERTIB LABORATORIUM
6. PENERIMAAN SISWA BARU
7. PENJARINGAN MUTASI SISWA
8. LOKA KARYA
9. PESANTREN RAMADHAN























Lampiran : KURIKULUM SMA N 1 GUNUNG TALANG T.P 2010/2011

1. TATA TERTIB PESERTA DIDIK

NO JENIS PELANGGARAN BOBOT SANKSI
A Pelanggaran sangat Berat
1 Terbukti melakukan tindakan kriminal dan asusila seperti:
a. Melawan pada guru dengan cara
memukul, mencaci maki dengan
kata kotor 200 Keluar / dikembalikan pada orang tua
b. Terbukti terlibat sebagai pemakai,
pengedar atau penjual narkoba
serta miras 200 Keluar /Dikembalikan pada orang tua
c. Terlibat kasus pemerkosaan
atau berbuat cabul 200 Keluar /Dikembalikan pada orang tua
d. Terbukti terlibat sebagai penjaja
sex 200 Keluar / Dikembalikan pada orang tua
e. Pemicu tawuran baik
dalam lingkungan sekolah
sendiri maupun dengan sekolah
lain 200 Keluar / Dikembalikan pada orang tua
f. Terbukti terlibat pengeroyokan
atau penganiayaan berat 200 Keluar / Dikembalikan pada orang tua
g. Terbukti hamil, memperkosa, zina 200 Keluar / Dikembalikan pada orang tua
h. Terbukti melakukan aborsi 200 Keluar /Dikembalikan pada orang tua
i. Terbukti terlibat pergaulan bebas /
fre sex
200 Keluar / Dikembalikan pada orang tua
j. Pemicu tawuran baik
dalam lingkungan sekolah
sendiri maupun dengan sekolah lain 200 Keluar / Dikembalikan pada orang tua
B Pelanggaran Berat
a. Terbukti terlibat kasus pencurian,
perampokan atau pemerasan
(terbukti melakukan pemerasan
Berkali-kali terhadap barang -
barang teman lain, guru dan
inventaris sekolah
100 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
b. Berjudi dalam lingkungan
sekolah / diluar linkungan
sekolah dan masih memakai
seragam sekolah

100 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
c. Membawa senjata tajam kesekolah
kecuali goro
100 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
d. Merokok dalam lingkungan sekolah


50 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
e. Keluar masuk pekarangan
sekolah dengan cara melompat
pagar

50 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku

f. Melakukan coret-coretan
dengan kata-kata kotor dilingkungan sekolah /merusak barang-barang milik sekolah (meja,kursi,atau inventaris lainnya)

50 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
g. Membawa buku/ gambar porno,
VCD porno ke sekolah
50 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
h. Tidak hadir berturut –turut selama 3 hari tanpaketerangan atau lima hari dalam sebulan
50 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
i. Terbukti menonton Flm porno diluar lingkungan sekolah( pada jam sekolah memakai seragam sekolah
50 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
j. Berduan dengan teman lawan jenis melebihi batas dalam berpakaian sekolah
25 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
j. tidak ikut upara harisenin, hari-hari besar nasional dan peringatan hari besar keagamaan
25 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
k.Tidak patuh pada guru dalam setiap kegiatan yang dilakukan 25 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
l. Terbukti melakukan pelecehan terhadap teman

25 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
m.Terbukti melakukan ancaman terhadap teman

50 Pemanggilan orang tua dan diproses menurut ketentuan yang belaku
C Pelanggaran Ringan
Terbukti melakukan pelanggaran peraturan sekolah, seperti:
a. Terlambat (tidak berada di sekolah sesuai jadwal kegiatan sekolah)
15 Diproses oleh guru Piket/ guru yang berwenang
b. Minta izin keluar kelas pada jam PBM untuk guru yang sama lebih dari 1 kali
10 Diproses oleh guru Piket dan walas
c. Cabut
25 Diproses oleh guru yang berwenang
d. Absen (Tidak hadir tanpa keterangan)
10 Diproses oleh walas dan PA
e. Memalsukan surat ketidakhadiran
15 Diproses oleh walas dan PA
i. Melakukan kegiatan yang bertentangan dengan aturan K5
10 Diproses sesuai ketentuan yang berlaku
j. Tidak mengikuti segala kegiatan yang dilaksanakan sekolah (upacara bendera, upacara peringatan hari besar, shalat zhuhur, kultum, forum Annisa bagi siswi dan acara lainnya)
10 Diproses sesuai ketentuan yang berlaku
k. Terbukti melakukan kegiatan yang mengganggu PBM seperti menggunakan HP, radio, dsb 15 Diproses sesuai ketentuan yang berlaku
13 Terbukti melakukan pelanggaran terhadap peraturan tentang seragam, atribut dan berpenampilan di sekolah, seperti:
10 Diproses sesuai ketentuan yang berlaku
a. Atribut tidak lengkap
10 Diproses sesuai ketentuan yang berlaku
b. Dasar / mode pakaian tidak sesuai dengan ketentuan sekolah
10 Diproses sesuai ketentuan yang berlaku
c. Sepatu tidak hitam 10 Diproses sesuai ketentuan yang berlaku
d. Memakai anting, kalung dan sejenisnya bagi laki-laki
25 Diproses sesuai ketentuan yang berlaku
e. Berambut gondrong, berwarna atau punk style bagi laki-laki
25 Diproses, langsung dipotong
f. Kuku panjang
10 Diproses, langsung dipotong

2. KODE ETIK GURU DAN PEGAWAI

1. Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia seutuhnya yang berjiwa pancasila,
2. Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional,
3. Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan bimbingan dan pembinaan,
4. Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya PBM,
5. Guru memilihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat disekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan,
6. Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesinya,
7. Guru memilihara hubungan seprofesi, semangat kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial,
8. Guru secara bersama-sama memilihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdian,
9. Guru melaksanakan segala kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.












3. TATA TERTIB GURU DAN PEGAWAI

1. Setia dan taat sepenuhnya kepada Panca sila dan Undang-undang Dasar 1945, negara dan pemerintah
2. Mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan golongan dan pribadi
3. Menjunjung kehormatan dan martabat negara serta pemerintah kabupaten solok khususnya SMAN 1 Gunung Talang
4. Menyimpan rahasia negara atau rahasia frofesi dengan sebaik-baiknya
5. Melaksanakan tugas kedinasan dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh pengabdian, kesadaran serta tanggung jawab
6. Bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan negara
7. Memelihara dan meningkatkan keutuhan,kekompakan, persatuan guru dan pegawai
8. Menciptakan dan memelihara suasana kerja dengan baik
9. Menggunakan dan memelihara barang-barang milik sekolah dengan sebaik-baiknya
10. Memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya pada masyarakat menurut bidang tugas masing-masing
11. Menjadi dan memberikan contoh serta teladan yang baik terhadap siswa
12. Berpakaian rapi dan sopan serta bersikap dan bertingkah laku sopan santun terhadap siswa, masyarakat dan semua guru
13. Hormat menghormati sesama guru, pegawai dan siswa yang memeluk agama /kepercayaan yang berbeda
14. Mentaati segala peraturan kedinasan yang berlaku
15. Melaksanakan tugas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan
16. Datang sebelum jam pelajaran dimulai (bel dibunyikan ) dan pulang setelah jam pelajaran berahkir
17. Saling membantu dan bekerjasama sesama guru mata pelajaran dan pegawai
18. Apabila seorang guru sakit/berhalangan hadir, harus meninggalkan tugas untuk siswa dan digantikan oleh guru yang se KKG
19. Melaksanakan tugas – tugas tambahan yang dipercayakan sekolah seperti piket harian, pembina osis, wali kelas, membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler dan membimbing siswa dalam mengikuti lomba-loma
20. Sanksi-sanksi yang diberikan pada guru dan staf tetap mengacu pada peraturan pemerintah ( PP No 30 ) tentang Peraturan pegawai negeri Sipil.


























4. TATA TERTIB PERPUSTAKAAN
A. Jam Buka Perpustakaan
Senin – Kamis : 07.15 – 13.00 WIB
Jumat – Sabtu : 07.15 – 11.00 WIB
B. Pelayanan Pemakai Sirkulasi
( Peminjaman dan Pengembalian Pustaka )
Senin - Kamis : 07.15 – 14.00 WIB
Jumat - Sabtu : 07.15 - 11.30 WIB

C. PEMAKAI PERPUSTAKAAN (USERS)
1. Civitas Akademika SMA Negeri 1 Gunung Talang
2. Alumni SMA Negeri 1 Gunung Talang

D. SYARAT-SYARAT KEANGGOTAAN
a. CIVITAS AKADEMIKA
1. Status Civitas Akademika AKTIF pada SMAN 1 Gunung Talang
2. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
3. Menyerahkan 2 lembar Pas Photo 2 x 3 cm.
b. ALUMNI
a. Rekomendasi dari Kepala Sekolah
b. Menyerahkan 2 lembar Pas Photo 2 x 3 cm
c. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
d. Membayar Uang Pendaftaran


E. LAYANAN DAN FASILITAS
a. Layanan Sirkulasi,untuk :
1. Peminjaman koleksi
2. Perpanjangan pinjaman
3. Pengembalian koleksi
b. Fasilitas Ruang baca dan ruang koleksi
c. Fasilitas Ruang Referensi
F.1. KEWAJIBAN PENGUNJUNG
a. Memasuki perpustakaan dengan tertib melalui pintu yang telah ditentukan,
b. Wajib mengisi daftar hadir melalui buku pengunjung saat hadir di perpustakaan,
c. Wajib meletakkan barang bawaan di tempat (rak) yang telah disediakan, Pengunjung bertanggung jawab terhadap semua barang milik pribadi, segala kehilangan di dalam ruangan perpustakaan bukan menjadi tanggung jawab petugas perpustakaan,
d. Pengunjung wajib bersepatu dan berpakaian rapi (baju dimasukkan pada rok/celana dan tidak memakai kaos oblong/tanpa krah),
e. Turut menjaga kebersihan dan keberadaan fasilitas serta semua koleksi perpustakaan,
f. Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan (bagi yang membawa HP harap suaranya dimatikan),
g. Bersikap sopan dan saling menghargai kepada petugas dan sesame pengunjung perpustakaan.


HAK PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN
PERPUSTAKAAN SMAN 1 GUNUG TALANG

a. Setiap peserta didik berhak menjadi anggota perpustakaa
b. Setiap peserta didik berhak mengambil buku paket pada awal
tahun pelajaran
c. Setiap peserta didik berhak meminjam buku penunjang yang
relevan
d. Setiap peserta didik berhak meminjam buku lebih dari 3 buku
kecuali buku paket,jika persediaan mencukupi
e. Setiap peserta didik berhak mendapat imformasi tentang
semua jenis buku atau sumber belajar lain yang tersedia di
perpustakaan
f. Siswa yang tidak mempunyai kartu anggota masih punya
hak untuk menggunakan fasilitas perpustakaan/membaca/
mengolah soal , dan lain-lain selama dalam ruangan.

PERATURAN PEMINJAMAN
a. Peminjam harus mempunyai Kartu Pelajar / Kartu Anggota Perpustakaan yang masih berlaku,
b. Untuk kepentingan Peminjaman Pustaka,Kartu Anggota tidak boleh dipinjamkan/ dipergunakan orang lain/ diwakilkan,
c. Karyawan Non Edukatif berhak meminjam sebanyak 2 (dua) eksemplar selama 1 (satu) minggu,
d. Staf Pengajar/ Guru berhak meminjam sebanyak 5 (lima) eksemplar selama 2 (dua) minggu,
e. Perpanjangan waktu peminjaman dapat dilakukan sebanyak 1 (satu) kali, dengan mengingat situasi dan kondisi,
f. Peminjam wajib mengembalikan koleksi Pustaka yang dipinjam tepat pada waktunya atau sebelum batas waktu habis,
g. Peminjam wajib menjaga agar koleksi Pustaka yang dipinjam tetap bersih dan utuh, tidak membuat coretan-coretan,
h. Koleksi Pustaka yang hilang atau rusak karena kelalaian peminjam, peminjam wajib mengganti dengan pustaka yang sama atau dengan uang seharga pustaka yang berlaku terakhir.















5. TATA TERTIB LABORATORIUM
A. Labor TIK / ruang labor Bahasa ( ruang multi Media dan ruang
bahasa )
a. Peserta didik tidak diperkenankan masuk LABOR tanpa seizin guru,
b. Sepatu dibuka saat memasuki labor
c. Peserta didik dilarang menginstal program dan memberi pasword pada komputer
d. Peserta didik dilarang mengutak atik dan mencabut kabel yang terpasang pada computer
e. Peserta didik tidak diizinkan membawa alat-alat keluar LABOR tanpa seizin guru,
f. Peserta didik harus mengikuti petunjuk dalam LKS bila memakai alat (Peserta didik tidak boleh bekerja menurut kehendak sendiri),
g. Jika ada lat-alat yang rusak/ pecah, segera laporkan pada guru,
h. Etiket bahan yang hilang/ rusak segera beritahukan pada guru untuk diganti,
i. Peserta didik dilarang membawa Flask disk/ CD-R kedalam labor
j. Buang sampah pada tempatnya,
k. Sebelum meninggalkan LABOR, ruangan harus dalam keadaan bersih, alat diletakan pada posisi semula
l. Bagi yang melanggar peraturan ini, akan dikenakan sanksi tidak dibenarkan belajar sampai waktu yang telah ditentukan.





HAK PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN LABOR TIK SMAN 1 GN. TALANG

1. Setiap peserta didik berhak mendapat kesempatan menikmati
semua fasilitas yang tersedia dilabor
2. Setiap peserta didik berhak mendapat bimbingan dalam proses
belajar dilabor
3. Setiap peserta didik berhak mendapatkan imformasi tentang
penggunaan dan tata tertib dilabor
4. Setiap peserta didik berhak mengembangkan kemampuannya dalam
belajar computer
5. Setiap peserta didik berhak mendapat bimbingan tentang bahaya
dan dampak negatif jika menyalahi dalam penggunaan sarana labor
pada saat PBM berlangsung
6. Setiap peserta didik berhak menjaga kebersihan dan kenyamanan
kedalam ruangan saat PBM berlansung
B. LABOR IPA
I. Sebelum Praktek dimulai
1. Pratikan harus datang keruang laboratorium 5 menit sebelum dimulai
2. Peserta didik tidak diperkenankan masuk LABOR tanpa seizin guru,
3. Praktikan harus mengetahui materi praktikum yang akan dilakukan
4. Praktikan harus membawa perlengkapan yang diperlukan sesuai dengan instruksi guru yang mengajar
5. Praktikan harus memakai jas praktikum
6. Praktikan harus menempati meja kelompoknya yang sudah ditentukan
7. Praktikan tidak dibenarkan membawa buku dan peralatan lainnya yang tidak diperlukan selama praktikum
8. Praktikan tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang tidak ada hubungan dengan praktikum
9. Praktikan harus memeriksa kelengkapan , kondisi zat dan alat yang akan digunakan
II. Selama Praktikum Berlangsung
1. Praktikan harus mengetahui langkah dan prosedur kerja yang akan dilakukan (LKS/penuntun praktikum)
2. Praktikan harus bekerja dengan hati-hati, cermat, teliti, teratur, dan bersih
3. Peserta didik harus mengikuti petunjuk dalam LKS bila melakukan
eksperimen (Peserta didik tidak boleh bekerja menurut kehendak sendiri
4. Dilarang makan dan minum di ruang praktikum
5. Praktikan tidak dibenarkan meninggalkan ruang praktikum tanpa seizin pengawas atau guru
6. Praktikan harus bertanya pada guru atau pengawas jika ada langkah kerja yang tidak dimengerti
7. Praktikan tidak boleh meminjam dan meminjamkan alat pada peserta lain
8. Praktikan tidak boleh memindahkan zat dan alat yang disediakan untuk dipakai bersama
9. Praktikan tidak boleh melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan praktikum dan mencampurkan zat sembarangan



III. Setelah Praktikum Selesai
1. Praktikan harus merapikan atau membersihkan kembali alat-alat yang digunakan
2. Praktikan harus melaporkan kepada guru dan pengawas laboratorium bila memecahkan dan menghilangkan alat/barang kelengkapan praktikum
3. Praktikan harus melaporkan setiap hasil praktikum yang telah dilakukan
4. Pengawas laboratorium dan guru akan memeriksa kelengkapan dan kebersihan alat yang digunakan
5. Praktikan boleh meninggalkan ruangan laboratorium setelah mendapat izin dari guru dan pengawas laboratorium
6. Jika tangan, kulit, baju terkena asam/ alkohol, segera dicuci,
7. Setelah selesai percobaan, alat-alat harus dikembalikan ketempat semula dalam keadaan bersih,
8. Buang sampah pada tempatnya,
9. Sebelum meninggalkan LABOR, meja praktikum harus dalam keadaan bersih, kran air dan gas ditutup dan kontak listrik dicabut.
10. Peserta didik tidak diizinkan membawa alat-alat/bahan-
bahan keluar LABOR tanpa seizin guru,


6. PENERIMAAN SISWA BARU ( PSB )
A. TATA TERTIB PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PSB) SMA NEGERI 1
GUNUNG TALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
1. Pendaftar datang ke SMA Negeri 1 gunung Talang dengan pakaian rapi, sopan memakai sepatu atau sandal sepatu / Slop (tidak diperkenankan memakai sandal jepit).
2. Pendaftar mengambil formulir pendaftaran di ruang / loket I.
3. Pendaftar mengisi formulir pendaftaran sebelum diserahkan kepada panitia PSB. (Formulir dapat dibawa pulang/diisi di rumah)
4. Formulir yang sudah diisi dapat diserahkan kepada Panitia dengan ketentuan :
a. Nomor Formulir ganjil diserahkan pada ruang / loket II (dua).
b. Nomor Formulir genap diserahkan pada ruang / loket III (tiga).
5. Jika posisi pendaftar tidak aman, diperkenankan untuk menarik diri / mengambil berkas sebelum pengumuman hasil seleksi disahkan oleh Dinas Pendidikan Kab. Solok, di ruang / loket IV (loket penarikan berkas), yang berarti pendaftar sudah tidak terdaftar lagi sebagai calon peserta didik baru di SMA Negeri 1 Gunung Talang
6. Pendaftar tidak diperkenankan memasuki ruang sekretariat atau ruang pengolahan data PSB.
7. Pendaftar dilarang membuat keributan atau kerusakan pada saat PSB berlangsung.
8. Pendaftar dapat menanyakan hal-hal yang belum jelas berkaitan dengan pendaftaran kepada panitia PSB di ruang / loket I (satu).
9. Hal-hal yang belum ada dalam tata tertib akan diatur atau ditetapkan kemudian.


B. PRINSIP DAN TUJUAN
Penerimaan Siswa Baru pada setiap jenjang Pendidikan harus berpegang
Pada prinsip-prinsip;
• Obyektifitas,artinya penerimaan peserta didik baru maupun pindahan harus memenuhi ketentuan- ketentuan yang diatur dalam keputusan diatas
• Akuntabilitas, artinya penerimaan peserta didik harus dapat diperetanggung jawabkan kepada masyarakat baik menyangkut prosedur maupun hasilnya.
• Transparansi, artinya pelaksanaan penerimaam peserta didik harus terbuka dan diketahui masyarakat luas termasuk orang tua dan peserta didik sehingga dapat diketahui penyimpangan- penyimpangan yang mungkin terjadi dalam penerimaan peserta didik.
• Tidak ada penolakan dalam penerimaan ,kecuali keterbatsan daya tampung dan waktu yang tidak memungkinkan serta adanya kriteria yang ditentukan oleh sekolah dengan pertimbangan komite sekolah.
• Berwawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia , artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti pendidikan di SMAN 1 Gn.Talang tanpa membedakan asal usul,agama,ras dan golongan.

C. TAHAPAN KEGIATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Pendaftaran calon siswa baru tahun pelajaran 2010/2011 dari tanggal
18 juni s/d 6 juli 2010.
Kegiatan penerimaan siswa baru perjenjang pendidikan dilaksanakan
sebagai berikut
I. Pendaftaran calon siswa baru SMAN 1 Gn Talang:
1. Pendaftaran calon siswa dari tanggal 18 s/d 24 juni 2010
2. Finalisasi Adm perengkingan tgl 25 s/d 26 juni 2010
3. Pengumuman calon yang diterima tgl 28 juni
4. Pendaftaran ulang calon yang dinyatakan diterima tgl 29 juni s/d
3 Juli 2010
5. Pendaftaran cadangan tgl 5 juli
6. Pengumuman dan pendaftaran cadangan yang diterima tgl 6 juli
7. Persiapan MOS 7 juli 2010
8. Kegiatan MOS 8s/d 10 juli 2010
9. Hari pertama sekolah tgl 12 juli 2010

D. PERSYARATAN
Persyaratan calon peserta didik kelas X SMAN 1 Gunung Talang adalah;
1. Memiliki Ijazah SMP/MTs atau Paket B
2. Memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian ( SKHU) yang didalamnya menerangkan bahwa siswa yang bersangkutan dinyatakan lulus dari sekolah tersebut atau Daftar Nilai Ujian Tamat SMP dan Daftar Kolektif Nilai Ujian Akhir Nasional/ Sekolah
3. Berusia setinggi-tingginya 21 tahun pada awal tahun pelajaran baru
4. Mempunyai surat keterangan baca tulis Al-Qur’an yang dikeluarkan oleh sekolah sebelumnya.
5. Menyerahkan foto kopy raport SMP SM. I S/d VI yang telah dilega
6. Mengikuti test kemampuan akademik dengan materi uji matematika, bahasa Indonesia, bahasa inggris, IPA dan IPS
7. Mengikuti test wawancara dalam bahasa inggris untuk kelas RSBI dan SKU
E. PERANKINGAN
a. Kelas berstandart Internasional
test tertulis 30 %
Rata-rata raport SMP SM 1 – SM VI 30 %
Rata- rata UN 15 %
Rata – rata US 15 %
Wawancara bahasa inggris 10 %



b.Kelas unggul Pemda kab. Solok
test tertulis 30 %
Rata-rata raport SMP SM 1 – SM VI 30 %
Rata- rata UN 15 %
Rata – rata US 15 %
Wawancara bahasa inggris 10 %
c.Kelas RSKM /SSN
test tertulis 40 %
Rata-rata raport SMP SM 1 – SM VI 30 %
Rata- rata UN 20 %
Rata – rata US 10 %
Catatan :
1. Bagi calon yang berasal dari luar rayon harus melampirkan surat keterangan pindah rayon
2. Bagi calon cadangan yang tidak mendaftar tidak akan diterima pada waktu pendaftaran ulang cadangan diterima
3. Apabila nilai foto kopy UN dan nilai Foto kopy raport yang dilegalisir tidak cocok dengan asli maka pendaftaran dapat dibatalkan
4. Pendaftaran siswa baru dilaksanakan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ditetapkan dan tidak dapat dilayani apabila tidak sesuai atau diluar yang ditetapkan.

F. JUMLAH PESERTA DIDIK PERKELAS
Dalam 1(satu) ruangan belajar, standar jumlah siswa perkelas adalah:
-SMA maksimal 32 orang perkelas
-SMA Pelaksana Program SKM/SSN dan RSBI maksimal 32 orang perkelas





G. PELAKSANAAN
Calon peserta didik kelas X SMA;
a. Seleksi berdasarkan nilai SKHU tertulis SMP/MTs atau Paket B yaitu pelajaran BI,B.Ing, Matematika dan IPA
b. Apabila ada peringkat akhir terdapat jumlah nilai SKHU yang sama maka calon yang diterima di utamakan yang berumur lebih tua

H. KETENTUAN PSB :
1. Berdasarkan rayon :
a.Dalamrayon 70 %
b.Luar rayon 30 %
1.Dalam Kab.15 %
2.Luar Kab. 15 %
2. Tes tertulis mata pelajaran yang di UN kan di SMP40%
3. Nilai rata-rata rapor SMP kelas VII,VIII dan IX 30 %
4. Nilai rata-rata UN 20 %
5. Nilai rata-rata UAS 10 %

I. UNTUK KELAS RSBI,
1. Tes tertulis mata pelajaran yang di UN kan di SMP 30 %
2. Tes wawancara dengan berbahasa inggris 10 %
3. Tes kemampuan komputer 10 %
4. Nilai rata-rata rapor SMP kelas VII, VIII dan IX 20%
5. Nilai rata –rata UN 15%
6. Nilai rata-rata UAS 15%
7. Khusus untuk program RSBI penerimaan siswa baru mengacu pada
surat edaran Direktorat Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional
Nomor R: 94/C/C4/MN 2010 tentang pemberitahuan penerimaan
peserta didik baru dan diatur sedemikian rupa oleh sekolah
yang bersangkutan.

Untuk SMAN 1 Gunung Talang yang akan menerima siswa kelas unggul
kabupaten solok dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Bebas rayon dalam kabupaten solok
2. Tes tertulis mata pelajaran yang di UN kan 40%
3. Rata-rata nilai rapor SMP kelas VII,VIII dan IX 30%
4. Rata-rata nilai UN 15%, Rata-rata UAS 15%

J. RAYONISASI SMAN 1 GUNUNG TALANG
1. SMPN 1 Gunung Talang
2. SMPN 2 Gunung Talang
3. SMPN 6 Gunung Talang
4. MTSM Cupak
5. Bebas Rayon ( untuk RSBI dan SKU )



















7. PENJARINGAN DAN MUTASI PESERTA DIDIK

A. PENJARINGAN SISWA
Kriteria penjaringan siswa semester I SMAN 1 gunung Talang tahun ajaran 2010 / 2011 adalah sebagai berikut :
Jika ada 4 mata pelajaran yang belum mencapai batas KKM,, setelah diberikan remedial oleh guru mata pelajaran pada semester 1, maka ;
1. Siswa tersebut dianjurkan untuk pindah kesekolah lain
2. Bila siswa tersebut keberatan untuk pindah maka siswa tersebut siap untuk pindah kelas
3. Selanjutnya orangtua siswa diundang kesekolah dan harus membuat perjanjian dengan pihak sekolah
4. Jika ada siswa yang belum mencapai batas KKM 3 mata pelajaran, setelah remedial diberikan 3 kali maka orangtuanya dipanggil kesekolah dan diberikan peringantan.

B. MUTASI SISWA

SMA Negeri 1 Gunung Talang menentukan persyaratan pindah / mutasi peserta didik sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah, melalui suatu mekanisme yang obyektif dan transparan antara lain mencakup hal-hal sebagai berikut:
I. Untuk mutasi siswa masuk memenuhi persyaratan
1. Memenuhi persyaratan yang ditentukan:
2. Surat permohonan orang tua yang bersangkutan,
3. Memiliki Laporan Hasil belajar ( Rapor ) dengan nilai lengkap dari sekolah asal,
4. Memilki Ijazah Sekolah Menengah Pertama/sederajat,
5. Memiliki surat tanda lulus dengan nilai yang tidak lebih rendah dari nilai minimal ( PSB pada tahunnya )
6. Memiliki surat pindah dari sekolah asal yang diketahui oleh pengawas dengan dilampirkan daftar 8355 ( status peserta didik yang bersangkutan),
7. Memiliki SSN
8. Menyesuaikanbentuk laporan hasil belajar (LHBS) dari sekolah asal sesuai dengan bentuk raport yang digunakan di sekolah tujuan,
9. Mengikuti seleksi masuk dengan tes sesuai program yang diminati dan hasilnya diumumkan secara terbuka
10. Harus melalui tes wawancara mengenai alasan pindah dan lain-lain
11. Memiliki nilai rata-rata rapor minimal 75
12. Memiliki surat berkelakuan baik yang dikeluarkan oleh pihak sekolah sebelumnya
13. Siswa yang dinyatakan diterima jika sudah keluar rekomendasi dari tim mutasi ( wakil dan guru yang ditunjuk oleh sekolah )

II. Untuk mutasi siswa keluar harus melalui proses berikut :
1. Pihak wali murid mengusulkan kepada pimpinan sekolah
2. Pihak sekolah meneruskan kewali kelas
3. Dari wali kelas diteruskan kebidang kesiswaan
4. Kesiswaan memproses dan diserahkan keadministrasi tata usaha
5. Pihak TU menerbitkan surat pindah / keluar
6. Surat pindah/keluar yang telah diterbitkan ditanda tangani oleh
Kepala Sekolah

III. Persyaratan mutasi keluar
1. Harus melunasi segala keuangan yang berhubungan dengan sekolah
(buku, LKS, SPP, dan lainnya)
2. Harus mengembalikan buku yang dipinjam dari perpustakaan dan barang-
Barang sekolah lainnya
3. Dan ketentuan lain yang diatur kemudian.
IV. ketentuan mengenai jadwal konsultasi pada guru mata pelajaran,
wali kelas
 mengusulkan adanya jam wali kelas yang diadakan setiap sabtu selama satu jam mata pelajaran. Kegiatan ini sebagai jadwal konsultasi wali kelas terhadap kelas binaanya, yang berisikan aktivitas rutin seperti goro, mengawasi kinerja perangkat kelas, masalah keuangan/ kas. Dll
 Konsultasi pada guru mata pelajaran
 Dikomunikasikan bersama wali kelas, sehingga guru mata pelajaran tidak memiliki jadwal formal khusus mengenai permasalahan siswa. Nantinya walas yang membahas pada jam walas.
V. Ketentuan mengenai ulangan,remedial dan ujian ulangan :
 Proses yang dilakukan untuk mengukur kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran,untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran dan menentukan keberhasilan peserta didik
Ulangan dibedakan :
 Ulangan Harian , Kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelasaikan satu Kompetensi Dasar/KD atau lebih,dijadwalkan minimal Guru memberikan UH 3 x per Semester dan menyerahkan dalam bentuk NH pada wakakur
 Ulangan tengah semester (UTS) ,Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran.Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan seluruh KD pada priode tersebut.
 Ulangan akhir semester, Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian peserta didik diakhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan seluruh KD pada priode tersebut.
 Ulangan kenaikan kelas, Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket, Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan KD pada semester tersebut.

Ujian
 Ujian sekolah, Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan.Mata pelajaran yang diujikan adalah:kelompok pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan dalam ujian nasional dan aspek kognetif/ psikomotor kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia serta kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian yang akan diatur dalam POS ujian sekolah
 Ujian nasional , (UN) ,Kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran pengetahuandan teknologi dalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan

Remedial
 Kegiatan yang dilakukan pendidik ,jika hasil ulangan harian yang diimformasikan kepada peserta didik belum mencapai KKM .Kegiatan ini ditujukan pada materi yang belum dikuasai peserta didik yang sebelumnya diberikan pembekalan dan menentukan jadwal serta bentul soal yang diberikan,kemudian dilaporkan hasil remedial peserta didik
 Pelaksanaan oleh pendidik dituangkan dalam bentuk program pembeljaran remedial


























8. LOKAKARYA

A. Latar Belakang
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu inimeliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah, Untuk itu kegiatan loka karya disekolah diharapkan dapat mengimplementasikan hal tersebut diatas.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.

Kita menyadari bahwa panduan yang disusun BSNP terdiri atas dua bagian. Pertama, Panduan Umum yang memuat ketentuan umum pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam SI dan SKL.Termasuk dalam ketentuan umum adalah penjabaran amanat dalam UU 20/2003 dan ketentuan PP 19/2005 serta prinsip dan langkah yang harus diacu dalam pengembangan KTSP. Kedua, model KTSP sebagai salah satu contoh hasil akhir pengembangan KTSP dengan mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada Panduan Umum yang dikembangkan BSNP. Sebagai model KTSP, tentu tidak dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan hendaknya digunakan sebagai referensi dalam penyusunan KTSP sekolah yang disusun bersama oleh warga sekolah. Kegiatan ini tentu dapat dilakukan melalui lokakarya sekolah pada tiap satuan pendidikan dalam hal ini khususnya SMAN 1 Gunung Talang.

Disamping itu pengembangan kurikulum hendaknya dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional harus disusun dan direncanakan bersama oleh warga sekolah.

B. Dasar Kegiatan
1. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistim Pendidikan Nasional
2. Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nNasional Pendidikan
3. Peraturan mentri pendidikan Nasional nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi lulusan untuk satuan Pendidikan dasar dan menengah
4. Permendiknass nomor 22 tahun 2006 tentang standar Isi
5. Permendiknas nomor 24 tahun 2007 tentang sarana
6. Permendiknas nomor 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan oleh satuan pendidikan dasar dan menengah
7. Permendiknas nomor 20 tahun 2007 tentang penilaian.
C. Tujuan dan hasil Yang diharapkan
1. Tujuan
Mengevaluasi program sekolah yang telah dilaksanakan dan menyusun program penyempurnaan untuk tahun berikutnya
2. Hasil yang diharapkan
Yang diharapkan dari kegiatan Loka Karya ini adalah:
a. Tim ( panitia) mendapat masukan dan pedoman dalam penyempurnaan dan pengembangan KTSP SMAN 1 Gunung Talang tahun Pelajaran 2010/ 2011
b. Sekolah mendapat masukan dan pedoman dalam menyusun rencana kerja dan pembiayaan program tahun anggaran 2010/2011
c. Tersusunnya perangkat/ dokumen Pembelajaran guru hasil revisi/penyempurnaan pada setiap mata pelajaran.

D. Peserta Kegiatan
Peserta terdiri dari guru-guru mata pelajaran IPA,IPS, Bahasa, Matematika, Seni dan Olah raga,Agama, TIK, Pegawai Tata Usaha, Komite Sekolah dan siswa dengan jumlah peserta seluruhnya berjumlah 50 orang
E. Nara Sumber/ Fasilitator
Nara sumber terdiri dari pengambil kebijakan,pakar keilmuan,guru dilingkungan Dinas Kab. Solok
F. Jadwal Kegiatan
Pelaksanaan Lokakarya SMAN 1 Gunung Talang yang bertempat diruang serba guna SMAN 1 gunung Talang dilaksanakan selama 2 hari sebagai terlampir pada lampiran 1
G. Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan adalah menyusun dan merevisi kemudian mempresentasikan setiap program kerja yang sudah disusun pada setiap kelompok kerja loka karya sebagai berikut:
1. ANALISIS KONDISI SEKOLAH
KETUA : Drs. ALI IMRAN
SEKRETARIS ; NURBIDAWATI, S.Pd
ANGGOTA : SUARNI, S. Pd, ZURFIETTI, S.Pd
URAIAN TUGAS :
1. Merevisi visi, misi, motto. kunci sukses dan tujuan sekolah
2. Merevisi evaluasi diri sekolah
3. Merevisi analisis swoth
4. Menyiapkan dokumen baru hasil revisi


2. STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
KETUA ; ELMI YUNISRA, S. Pd
SEKRETARIS ; TAUFIK, M.Pd
ANGGOTA ; Dra. Hj.DARNIS, MISNI, S.Pd
URAIAN TUGAS :
1. Menyempurnakan SK/KD per mata pelajaran (digital ; pada hari ke dua)
2. Menyusun program pembelajaran muatan lokal
3. Menyusun program pengembangan diri
4. Merancang pendidikan kecakapan hidup
5. Menyusun dan menetapkan beban belajar
6. Menyusun kenaikan /ketentuan naik kelas / kelulusan
7. Menyusun tata tertib penyampaian ketidakpuasan tentang penilaian

3.REGULASI PENDIDIKAN BIDANG KESISWAAN
KETUA ; SALBATRIL, S. Pd
SEKRETARIS ; YUDA AMELIA WINTA, S .Pd
ANGGOTA ; NURAHMI, S.Pd, ERMAITA, S.Pd
BRILYANT SASTRAWATI, S. Pd, Dra. NURZAFIMALA

URAIAN TUGAS :
1. Menyusun atau merevisi tata tertib, siswa, guru, pegawai, kode etik sekolah
2. Menyusun atau merevisi tata tertib ruangan pustaka, labor fisika, kimia, biologi,TI bahasa, mushalla, majelis guru
3. Menyusun atau merevisi tata tertib mutasi siswa
4. Menyusun draff mengenai Sistem penghargaan, sangsi pada siswa, guru, Pegawai.

4.REGULASI PENDIDIKAN BIDANG KURIKULUM
KETUA ; Drs. RIZAL PAHLEVI
SEKRETARIS ; Dra. GUSNELI YENDRI
ANGGOTA ; HAZWIYALDI, DELFIARNI, ASMAWATI, NIFESTRI


URAIAN TUGAS :
1. Menyusun struktur pengelola, jadwal pemakaian labor, ruangan pustaka
2. Menyusun jadwal kunjungan BK, pelayanan pada siswa dan progran BK
3. Menyusun atau merevisi tata tertib, aturan, ruang lingkup penerimaan siswa baru
4. Menyusun Ketentuan mengenai ulangan, remedial,dan ujian
5. Ketentuan hak peserta didik menggunakan vasilitas belajar, labor, perpustakaan
6. Ketentuan mengenai jadwal konsultasi pada guru mata pelajaran, wali kelas
5.PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA
KETUA : SULASMAN, S.Pd
SEKRETARIS : YUSNILDA, S.Pd
ANGGOTA : ROSLINDA, SYENIHERTIS, S.Pd, SUSMAINI, S.Pd
REFI DASWANDI,A.Md
URAIAN TUGAS
Perencanaan , pemanfaatan, dan perawatan sarana dan prasarana

6.PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER
KETUA ; RIZAL IKHLAS, M.Pd
SEKRETARIS ; Dra.NELZA ISRANINDA
ANGGOTA ; Drs. AFRIZAL.NS, NURHAMIDA, SPd.Ma.,
Dra. WELLITA EVIAWERI
URAIAN TUGAS :
1. Menyusun kelender non akademik untuk kegiatan khusus yang diprogramkan melalui ekstrakulikuler
2. Menyusun atau merevisi program ekstra kurikuler (osis)
3. Menyusun atau merevisi jadwal kegiatan ekstrakurikuler
4. Menyusun rencana kerja dan program pembinaan olimpiade
5. Menyusun program pembinaan karya ilmiah’menyusun program kegiatan lomba – lomba ( mata pelajaran, kesenian, olah raga )

7.PENINGKATAN SDM GURU / PEGAWAI DAN KEMITRAAN
KETUA : Drs. RIDWAN MUSA
SEKRETARIS : Dra. MARLIS
ANGGOTA : Drs. HAZWIYALDI, SITI NUR ELIZA S.Pd, DELI MARSOFA
URAIAN KERJA :
1. Menyusun program kemitraan dengan sekolah sekitar ( minimal 2 sekolah )
2. Membuat tata aturan dengan sekolah sekitar
3. Menyusun bentuk program kegiatan yang menunjang peningkatan
SDM guru dan pegawai
A. Rencana loka karya, workshop guru, iht dan lain-lain
B. Seminar dan lain
C. Guru magang ke sekolah lain

8.PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
KETUA : WIDATITI, S.Pd
SEKRETARIS : DIAN NILA SARI, S.Pd
ANGGOTA : M. IRWAN, S. Kom, NIFESTRI, S.Pd,
YANDRI ARMAIKA, S.ST
RIKA PRISMA, Hj. IRMAWINI, S.Pd
URAIAN TUGAS
1. Memfasilitasi guru dalam pengembangan bahan ajar
2.Mendokumenkan bahan ajar setiap mata pelajaran dalam bentuk
Digital
3. Menyiapkan bentuk kegiatan ( Program ) yang dapat dilaksanakan dalam
Pengembangan sumber belajar

9.PELACAKAN ALUMNI
KETUA : Dra. HASMINAR
SEKRETARIS : ILMIATI, S.Kom
ANGGOTA : DAVID BOY, ERNI UYUB
ASNIATI, S.Pd, FAJRI BASYIRUN
URAIAN TUGAS :
1. Mendata alumni 5 tahun terakhir
2. Mendata siswa yang diterima di petguruan tinggi 5 tahun terakhir
3. Merevasi struktur kepengurusan alumni



10.PEMBIAYAAN
KETUA : DASWIR, M.Si
SEKRETARIS : NURLI HASINI, S.P
ANGGOTA : SYAHLAN, S.H, WIDATITI, S.Pd, EDIWARMAN, S.Pd
URAIAN TUGAS
erevisi anggaran keuangan sekolah ( honor wali kelas, honor
pembina osis, kesru dan lain-lain)
11. TUGAS INDIVIDU GURU MENYIAPKAN PERANGKATPEMBELAJARAN
DALAM BENTUK DIGITAL
1. Program Tahunan, semester
2. Identifikasi SK / KD
3. Pemetaan Standar isi
4. Silabus
5. Penetapan KKM mata pelajaran dan sekolah
6. Rancangan Penilaian
7. Analisis Pencapaian SK / KD permata pelajaran
8. Analisis pencapaian KKM permata Pelajaran
9. Penulisan Kisi dan butir soal
10. Analisis butir soal semester dan ujanas
11. Analisis SKL mata pelajaran
12. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran( RPP)
13. Penyusunan Bank soal( UH, ujian mid semester, semester dan UN)
H. BIAYA
Biaya kegiatan dibebankan pada Dana Anggaran Komite sekolah tahun 2010/2011









JADWAL KEGIATAN
LOKA KARYA SMAN 1 GUNUNG TALANG KAB. SOLOK
TANGGAL : 21 -22 juni 2010
Hari-1, Senin 21 juni 2010

WAKTU
MATERI
PENYAJI/ PENDAMPING
MODERATOR
NOTULEN
08.00 – 08.45 Pembukaan oleh protokol
Lagu Indonesia Raya
Pembacaan Alqur!an
Laporan Panitia Pelaksana
Sanbutan Kepala Sekolah sebagai pembentang tikar
Sambutan Ketua Komite Sekolah
pengarahan sekaligus pembukaan oleh Kepala Dinas Pend. Kab. Solok dalam rangka Pelaksanaan Loka Karya di SMAN 1 Gunung Talang Ibuk Dra. Marlis
Ibuk Susmaini
Bpk.Drs.Ridwan Musa
Bpk.Ali Imran
Bpk.ASRIJAL.MM
Bpk.Drs.Ali Musber
Ka.Dinas Pend. Kab.solok
-
-
08.45 –09.30 Presentasi Kel. Kerja Analisis kondisi Sekolah Anggota Kelompok Wakil anggota kel. Anggota kel.
09.00 – 10.00 Presentasi Kel. Pemanfaatan dan pengembangan Anggota kelompok
sarana prasarana idem idem
10.00- 10.15 I S T I R A H A T
10.15 – 10.45 Presesntasi kel. Rencana Pembiayaan Anggota kelompok idem idem
10.45 – 11.30 Presentasi kel. Struktur dan muatan Kurikulum Anggota Kelompok idem idem
11.30 – 12.00 Presentasi kel. Regulasi Pendidikan bidang Kur. Anggota Kelompok idem idem
12.00 – 13.00 ISTIRAHAT/ ISOMA
13.00 – 13. 45 Presentasi kel. Regulasi Bidang Kesiswaan Anggota Kelompok idem idem
13.45 – 14. 30 Presentasi kel. Bidang ektra kurikuler Anggota kelompok
14.30 - 15.15 Presentasi kel.Peningkatan sumber daya
Guru/pegawai dan kemitraan Anggota Kelompok idem idem
15.15- 16.00 Presentasi Kel. Bidang Pengembangan Sumber
belajar Anggota Kelompok idem idem
16.00 – 16. 15 ISTIRAHAT/ ISOMA
16.15 – 17.00 Presentasi kel. Bidang Pelacakan Alumni Anggota Kelompok idem idem






Hari-2, Selasa 22 juni 2010

WAKTU
MATERI
PENYAJI/ PENDAMPING
MODERATOR
NOTULEN
08.00 – 08.45 Penyampaian bentuk tugas individu dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang akan disiapkan guru
Panitia
Panitia
Panitia
08.45 – 9.30 Pemetaan / Analisis Standart Isi Kerja kelompok KKG Panitia Panitia

09.30 – 10.00 Penetapan KKM Mata Pelajaran Kerja kelompok KKG - -
10.00- 10.15 I T I R A H A T
10.15 – 10.45 Presentasi Pemetaan dan penetapan KKM
Diwakili oleh guru kel. IPA dan IPS Wakil anggota KKG IPA dan IPS Widatiti Anngota KKG
10.45 – 11.30 Analisis hasil ujian Semester Kerja kelompok KKG idem
11.30 – 12.00 Penyusunan dan Pengembangan RPP Kerja kelompok KKG idem idem
12.00 – 13.00 ISTIRAHAT/ ISOMA
13.00 – 13. 45 Presentasi hasil Analisis Ujian Semester dan pengembangan RPP diwakili oleh guru matematika dan guru Bahasa Wakil anggota KKG Mat. Dan Bahasa Salbatril idem
13.45 – 14. 30 Pengembangan Rancangan Penilaian Kerja kelompok KKG idem idem
14.30 - 15.15 Model Pembelajaran Untuk Tatap Muka, Tugas Terstruktur, Tugas Mandiri
Kerja kelompok KKG idem idem
15.15- 16.00 Analisis Pencapaian ketuntasan belajar minimal peserta didik per KD Kerja kelompok KKG idem idem
16.00 – 16. 15 ISTIRAHAT/ ISOMA
16.15 – 17.00 Presentasi Pengembangan Rancangan penilaian dan model pembelajaran…serta Analisis pencapaian ketuntasan belaja… diwakili oleh guru kel. Agama, pendidikan seni dan Penjas Orkes. Wakil anggota KKG Agama dan Pend. Seni Syefni Hertis idem

SUSUNAN ACARA LOKAKARYA SENIN 2I JUNI 2010
A.Pembukaan
1. Pembukaan oleh protokol, Ibuk Marlis
2. Lagu Indonesia Raya dipimpin oleh ibuk Susmaini
3. Pembacaan Alqur!an oleh Bpk. Ridwan Musa
4. Laporan Panitia Pelaksana, Nurbidawati, SPd
5. Sambutan kepala sekolah sebagai pengembang Tikar
6. Sambutan Ketua Komite SMAN 1 Gunung Talang
7. Pengarahan sekaligus pembukaan Loka Karya oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Solok, Bapak Syahrul Efendi
8. Penutup, doa oleh Bapak Drs. Ridwan Musa

B.Kegiatan Inti
1. Presentasi Kelompok Kerja Analisis kondisi sekolah
Oleh wakil anggota kelompok ( Nurbidawati, SPd)
2. Presentasi kelompok kerja Pemanfaatan Sarana Prasarana
Oleh wakil anggota kelompok ( Sulasman SPd )
3. Presentasi Kelompok kerja Program Pembiayaan Tahun 2010
Oleh wakil anggota kelompok
4. Presentasi kelompok kerja struktur dan muatan kurikulum
Oleh wakil anggota kelompok ( Elmi Yunisra, SPd )
5. Presentasi kelompok kerja Regulasi bidang Kurikulum
Oleh wakil anggota kelompok
6. Presentasi kel. Regulasi Bidang Kesiswaan Oleh wakil anggota kelompok
(Salbatril,SPd
7. Presentasi kel. Bidang ektra kurikuler Oleh wakil anggota kelompok
8. Presentasi kel.Peningkatan sumber daya Guru/pegawai dan kemitraan
Oleh wakil anggota kelompok
9. Presentasi Kel. Bidang Pengembangan Sumber belajar
Oleh wakil anggota kelompok
10. Presentasi kel. Bidang Pelacakan Alumni Oleh wakil anggota kelompok .






DAFTAR HADIR PESERTA
KEGIATAN LOKA KARYA SMAN 1 GUNUNG TALANG
Hari ke 1 Senin 21 Juni 2010

N0
NAMA
MATA PELAJARAN
TANDA TANGAN
1 Drs. Asrijal Kepala sekolah 1
2 Drs. Raflis Yunus Pend. Agama 2
Drs. Ali Imran Pend. Agama 3
4 Dra Hj. Darnis Pend. Agama 4
5 Drs. Reza Pahlevi KWN 5
6 Dra Ielza Israninda KWN 6
7 Dra .Welita Efiaweri B.Indonesia 7
8 Siti Nureliza, SPd B.Indonesia 8
9 Dra Delfiarni B.Indonesia 9
10 Dra. Marlis B.Indonesia 10
11 Drs. Ridwan Musa Penjas Orkes 11
12 Zurfi Yetti Penjas Orkes 12
13 Drs. Afrizal, NS Penjas Orkes 13
14 Drs. Edi Warman Sejarah 14
15 Drs. Hazwiyaldi Sejarah 15
16 Dra. Nurzafimala Sejarah 16
17 Nifestri, SPd B.Inggeris 17
18 Ermaita, SPd B.Inggeris 18
19 Rizal Ikhlas, SPd. MPd B.Inggeris 19
20 Taufik, SPd. MM Matematika 20
21 Salbatril, SPd Matematika 21
22 Suarni, SPd Matematika 22
23 Elmi Yunisra Matematika 23
24 Daswir, SPd, MM Matematika 24
25 Drs. Yardi Fisika 25
26 HJ. Irmawini, SPd Fisika 26
27 Yuda Armelia Winta, SPd Fisika 27
28 Dian Nilam Sari, SPd Fisika 28
29 Misni, SPd Kimia 29
30 Brilian Sastrawati, SPd Kimia 30
31 Widatiti, SPd Biologi 31
32 Nurrahmi, SPd Biologi 33
33 Dra.Gusneli Yendri Biologi 33
34 Sulasman, SPd Ekonomi 34
35 Dra. Asmawatii Ekonomi 35
36 Yusnilda, SPd Ekonomi 36
37 Erni Uyub Sosiologi 37
38 Asniati, SPd Geografi /Sosiologi 38
39 Nurbidawati, SPd Geografi 39
40 Sefni Hertis, SPd Pend. Seni 40
41 Susmaini, SPd Pend, Seni 41
42 Ilmiati, S.Kom T I K 42
43 M. Irwan, S.Kom T I K 43
44 Syahlan, SH B K 44
45 Hj. Firda, SPd B K 45
46 Dra. Hasminar B K 46
47 Nurli Harsini, SP Koordinator TU 47
48 Roslinda Peg. TU 48
49 Betrianti Peg. TU 49
50 Lide Putrik Peg. TU 50
51 Rika Prisma Peg. TU 51
52 Refi Daswandi,A.Md Peg. TU 52
53 Etri Wahyudi Peg. TU 53
54 Yeni Sriwati Pustakawan 54
55 David Boy Guru B. Perancis 55
56 Leo Agustin Pustakawan 56
57 Yandri Armaika, S.ST Peg. TU 57
58 Deli Marsofa Guru Kimia 58
69 Marhapela Beta Guru B. Inggris 59
60 Syafrizal Pejaga Sekolah 60
61 Kamius Penjaga Sekolah 61
62 Remon Secutity 62
63 63
64 64
65 65
66 66
67 67
68 68
69 69
70 70



Cupak, 21 Juni 2010
Kepala SMAN 1 Gunung Talang


Drs. ASRIJAL, MM
NIP.196202161989021001







DAFTAR HADIR PESERTA
KEGIATAN LOKA KARYA SMAN 1 GUNUNG TALANG
Hari ke 2 Selasa 22 Juni 2010

N0
NAMA
MATA PELAJARAN
TANDA TANGAN
1 Drs. Asrijal Kepala sekolah 1
2 Drs. Raflis Yunus Pend. Agama 2
Drs. Ali Imran Pend. Agama 3
4 Dra Hj. Darnis Pend. Agama 4
5 Drs. Reza Pahlevi KWN 5
6 Dra Ielza Israninda KWN 6
7 Dra .Welita Efiaweri B.Indonesia 7
8 Siti Nureliza, SPd B.Indonesia 8
9 Dra Delfiarni B.Indonesia 9
10 Dra. Marlis B.Indonesia 10
11 Drs. Ridwan Musa Penjas Orkes 11
12 Zurfi Yetti Penjas Orkes 12
13 Drs. Afrizal, NS Penjas Orkes 13
14 Drs. Edi Warman Sejarah 14
15 Drs. Hazwiyaldi Sejarah 15
16 Dra. Nurzafimala Sejarah 16
17 Nifestri, SPd B.Inggeris 17
18 Ermaita, SPd B.Inggeris 18
19 Rizal Ikhlas, SPd. MPd B.Inggeris 19
20 Taufik, SPd. MM Matematika 20
21 Salbatril, SPd Matematika 21
22 Suarni, SPd Matematika 22
23 Elmi Yunisra Matematika 23
24 Daswir, SPd, MM Matematika 24
25 Drs. Yardi Fisika 25
26 HJ. Irmawini, SPd Fisika 26
27 Yuda Armelia Winta, SPd Fisika 27
28 Dian Nilam Sari, SPd Fisika 28
29 Misni, SPd Kimia 29
30 Brilian Sastrawati, SPd Kimia 30
31 Widatiti, SPd Biologi 31
32 Nurrahmi, SPd Biologi 33
33 Dra.Gusneli Yendri Biologi 33
34 Sulasman, SPd Ekonomi 34
35 Dra. Asmawatii Ekonomi 35
36 Yusnilda, SPd Ekonomi 36
37 Erni Uyub Sosiologi 37
38 Asniati, SPd Geografi /Sosiologi 38
39 Nurbidawati, SPd Geografi 39
40 Sefni Hertis, SPd Pend. Seni 40
41 Susmaini, SPd Pend, Seni 41
42 Ilmiati, S.Kom T I K 42
43 M. Irwan, S.Kom T I K 43
44 Syahlan, SH B K 44
45 Hj. Firda, SPd B K 45
46 Dra. Hasminar B K 46
47 Nurli Harsini, SP Koordinator TU 47
48 Roslinda Peg. TU 48
49 Betrianti Peg. TU 49
50 Lide Putrik Peg. TU 50
51 Rika Prisma Peg. TU 51
52 Refi Daswandi,A.Md Peg. TU 52
53 Etri Wahyudi Peg. TU 53
54 Yeni Sriwati Pustakawan 54
55 David Boy Guru B. Perancis 55
56 Leo Agustin Pustakawan 56
57 Yandri Armaika, S.ST Peg. TU 57
58 Deli Marsofa Guru Kimia 58
69 Marhapela Beta Guru B. Inggris 59
60 Syafrizal Pejaga Sekolah 60
61 Kamius Penjaga Sekolah 61
62 Remon Secutity 62
63 63
64 64
65 65
66 66
67 67
68 68
69 69
70 70
Cupak, 22 Juni 2010
Kepala SMAN 1 Gunung Talang



Drs. ASRIJAL, MM
NIP.196202161989021001



DAFTAR HADIR PANITIA
KEGIATAN LOKA KARYA SMAN 1 GUNUNG TALANG

Hari ke 1 Senin 21 Juni 2010

No
NAMA
JABATAN
TANDA TANGAN
1 Drs. Asrijal, MM Penanggung Jawab 1
2 Drs. Ali Imran Ketua Pelaksana 2
3 Rizal Ikhlas, SPd. MPd Koordinator pelaksana 3
4 Sulasman SPd Koordinator Pelaksana 4
5 Drs. Ridwan Musa Koordinator Pelaksana 5
6 Elmi Yunisra, SPd Koordinator Pelaksana 6
7 Nurbidawati, SPd Sekretaris 7
8 Dian Nila Sari Sekretaris 8
9 Daswir SPd. MSi Bendahara 9
10 Dra Marlis Seksi Acara 10
11 Yusnilda, SPd Seksi kosumsi 11
12 Dra. Nelza Israninda Seksi kosumsi 12
13 Syafrizal Seksi Tempat 13
14 Kamius Seksi Tempat 14

Cupak, 21 Juni 2010
Kepala SMAN 1 Gunung Talang



Drs. ASRIJAL, MM
NIP.196202161989021001



























DAFTAR HADIR PANITIA
KEGIATAN LOKA KARYA SMAN 1 GUNUNG TALANG

Hari ke 2 Selasa 22 Juni 2010

No
NAMA
JABATAN
TANDA TANGAN
1 Drs. Asrijal, MM Penanggung Jawab 1
2 Drs. Ali Imran Ketua Pelaksana 2
3 Rizal Ikhlas, SPd. MPd Koordinator pelaksana 3
4 Sulasman SPd Koordinator Pelaksana 4
5 Drs. Ridwan Musa Koordinator Pelaksana 5
6 Elmi Yunisra, SPd Koordinator Pelaksana 6
7 Nurbidawati, SPd Sekretaris 7
8 Dian Nila Sari Sekretaris 8
9 Daswir SPd. MSi Bendahara 9
10 Dra Marlis Seksi Acara 10
11 Yusnilda, SPd Seksi kosumsi 11
12 Dra. Nelza Israninda Seksi kosumsi 12
13 Syafrizal Seksi Tempat 13
14 Kamius Seksi Tempat 14

Cupak, 22 Juni 2010
Kepala SMAN 1 Gunung Talang





Drs. ASRIJAL, MM
NIP.196202161989021001














DAFTAR HADIR NARA SUMBER/ FASILITATOR
KEGIATAN LOKA KARYA SMAN 1 GUNUNG TALANG

Hari ke 1 Seni 21 Juni 2010

No
NAMA
JABATAN
TANDA TANGAN
1 Drs SYahrul Efendi, MM Ka. Dinas Pend. Kab. Solok 1
2 Drs. ASRIJAL ,MM Kepala SMAN 1 G.Talang 2
3
Drs. Zurni Alfi ZA Guru SMAN 1 Bukit Sundi 3

Cupak, 21 Juni 2010
Kepala SMAN 1 Gunung Talang





Drs. ASRIJAL, MM

NIP.196202161989021001








































DAFTAR HADIR NARA SUMBER/ FASILITATOR
KEGIATAN LOKA KARYA SMAN 1 GUNUNG TALANG

Hari ke 2 Selasa 22 Juni 2010

No
NAMA
JABATAN
TANDA TANGAN
1 Drs. Asrijal Kepala Sekolah 1
2 Drs. Zurni Alfi 2
3 Dra. Yurni, M>Pd 3

Cupak, 22 Juni 2010
Kepala SMAN 1 Gunung Talang



Drs. ASRIJAL, MM
NIP.196202161989021001






















9. PESANTREN RAMADHAN

Pesantren Ramadhan adalah kegiatan peserta didik selama bulan Ramadhan 1431 H. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah selama 1 minggu yaitu pada Agustus 2010 dan akan dibimbing oleh para ulama Kabupaten Solok dengan koordinasi Panitia yang telah dibentuk pada waktu kegiatan Lokakarya.
Materi kegiatan pesantren akan meliputi Aqidah/Akhlak, Fiqih dan Praktek Ibadah. Acara akan ditutup dengan pelaksanaan Acara Buka Bersama di sekolah.






















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya, kami telah dapat menyusun Kurikulum SMA Negeri 1 Gunung Talang. Penyusunan kurikulum ini merupakan salah satu upaya mengimplementasi Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan menjadi kegiatan pembelajaran yang operasional, siap dilaksanakan oleh sekolah, sesuai dengan karakteristik daerah, serta di-orientasi-kan pada kebutuhan peserta didik.

Kurikulum SMA Negeri 1 Gunung Talang disusun dengan mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BSNP dan model-model pembelajaran atau program yang dihasilkan oleh Pusat Kurikulum. Namun demikian, kami menyadari bahwa kurikulum ini masih belum sempurna. Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilakukan seiring dengan perubahan-perubahan dunia pendidikan Indonesia. Saran dan kritik kami butuhkan serta diterima dengan tangan terbuka untuk penyempurnaan selanjutnya.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh staf sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk menyusun kurikulum ini, dan juga kepada pihak-pihak yang baik secara langsung atau tidak langsung memberikan bantuan selama proses penyusunan Kurikulum SMA N 1 Gunung Talang ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Amin.

Cupak, 12 Juni 2010,
Kepala SMA N 1 Gunung Talang,



Drs. ASRIJAL, MM
NIP. 196202161986021001



DAFTAR ISI KURIKULUM

Lembar Pengesahan ........................................ I
Kata Pengantar ........................................ Ii
Daftar Isi ........................................ Iii
BAB I PENDAHULUAN
D. Latar Belakang ........................................ 1
E. Tujuan dan Hasil yang diharapkan ........................................ 3
F. Landasan dan Prinsip ........................................ 4
BAB II TUJUAN
E. Tujuan Pendidikan Menengah Atas ........................................ 6
F. Visi Sekolah SMAN 1 Gunung Talang ........................................ 6
G. Misi Sekolah ........................................ 6
H. Tujuan Sekolah SMAN 1 Gunung Talang ........................................ 7
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

I. Struktur Kurikulum
1.Cakupan kelompok mata pelajaran
2.Struktur Kurikulum
3.Standar Kompetensi lulusan
J. Muatan Kurikulum
1.Mata Pelajaran
2.Muatan Lokal
3.Pengembangan Diri
K. Pengaturan Beban Belajar
L. Ketuntasan Belajar
M. Kenaikan Kelas
N. Kelulusan
O. Penjurusan
P. Pendidikan Kecakapan Hidup .......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................
........................................
........................................
........................................
........................................ 10
10
12
14
33
33
37
40
44
45
52
56
61
62
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN
F. Permulaan Tahun Ajaran
G. Waktu belajar
H. Libur Sekolah
I. Jadwal Kegiatan Akademis
J. Kalender Non Akademis
........................................
........................................
........................................
........................................
........................................

63
63
64
65
67

Tidak ada komentar:

Posting Komentar