Jumat, 24 Desember 2010

KKM

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 GUNUNG TALANG
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / PROGRAM : XII / IPA
TAHAUN PELAJARAN : 2010 / 2011
KKM 77
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR KOMPLEK DAYA INTAKE JLH KKM
SITAS DUKUNG SISWA
SEMESTER I
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an 77 76 77 230 77
Itentang anjuran bertoleransi
1.1  Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan
QS Al-Kahfi: 29
1.2  Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41
dan QS Al-Kahfi: 29
1.3  Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkan-
dung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41
dan QS Al-Kahfi: 29
2. memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos 77 76 77 230 77
kerja
2.1 Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan
Q.S Al-Jumuah: 9-10 Q. S Al-Baqarah : 177
2.2 Menjelaskan arti QS Al-Mujadalah: 11 dan
QS Al-Jumuah: 9-10
2.3 Mebiasakan beretos kerja seperti terkandung
dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan
QS Al-Jumuah: 9-10
3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir. 77 77 78 232 77
3.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap hari akhir
3.1 Menerapkan hikmah beriman kepada
hari akhir
4. Membiasakan perilaku terpuji 76 75 75 226 75
4.1 Menjelaskan pengertian adil, ridha
dan amal shaleh
4.2 Menampilkan contoh perilaku adil, ridha
dan amal shaleh
4.3 Membiasakan perilaku adil, ridha, dan
amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
5. Memahami hukum Islam tentang Hukum 77 76 77 230 77
Keluarga.
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan
dalam Islam
5.2 Menjelaskan hikmah perkawinan
5.3 Menjelaskan ketentuan perkawinan
menurut perundang-undangan di Indonesia
6. Memahami perkembangan Islam di 76 76 77 229 76
di Indonesia.
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam
di Indonesia.
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam
di Indonesia.


6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam
di Indonesia.
SEMESTER II
7. Memahami ayat-ayat al Quran tentang 77 76 77 230 77
pengembangan IPTEK.
7.1 Membaca QS Yunus:101
dan QS Al-Baqarah: 164
7.2 Menjelaskan arti QS Yunus: 101
dan QS Al-Baqarah: 164
7.3 Melakukan pengembangan iptek seperti
terkandung dalam QS Yunus: 101
dan QS Al-Baqarah: 164
8. Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ 77 77 78 232 77
dan Qadar
8.1 Menjelaskan tanda-tanda keimanan
kepada qadha’ dan qadar
8.2 Menerapkan hikmah beriman
kepada qadha’ dan qadar
9. Membiasakan perilaku terpuji 76 75 76 227 76
9.1 Menjelaskan pengertian dan
dan kerukunan
9.2 Menampilkan contoh perilaku persatuan
dan kerukunan
9.3 Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
10. Menghindari perilaku tercela. 76 74 75 225 75
10.1 Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir,
ghibah, dan fitnah
10.2 Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir,
ghibah, dan fitnah
10.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah,
dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
11. Memahami hukum Islam tentang Waris 77 76 77 230 77
11.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan
hukum waris
11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan
hukum waris
12 Memahami perkembangan Islam di dunia. 76 76 77 229 76
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
12.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam
di dunia
12. 3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam
di dunia

Mengetahui : Bukittinggi, 30 Nopember 2010
Kepala SMA Negeri I Gunung Talang Guru Mata Pelajaran




Drs. ASRIJAL. MM Drs. ALI IMRAN
NIP.19620216 198602 1 001 Nip. 19601211 198903 1 006


PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 GUNUNG TALANG
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / PROGRAM : XII / IPS
TAHAUN PELAJARAN : 2010 / 2011
KKM 75
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR KOMPLEK DAYA INTAKE JLH KKM
SITAS DUKUNG SISWA
SEMESTER I
1. Memahami ayat-ayat al-Qur’an 74 76 76 226 75
Itentang anjuran bertoleransi
1.1  Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan
QS Al-Kahfi: 29
1.2  Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41
dan QS Al-Kahfi: 29
1.3  Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkan-
dung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41
dan QS Al-Kahfi: 29
2. memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos 74 76 75 225 75
kerja
2.1 Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan
Q.S Al-Jumuah: 9-10 Q. S Al-Baqarah : 177
2.2 Menjelaskan arti QS Al-Mujadalah: 11 dan
QS Al-Jumuah: 9-10
2.3 Mebiasakan beretos kerja seperti terkandung
dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan
QS Al-Jumuah: 9-10
3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir. 76 75 74 225 75
3.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap hari akhir
3.1 Menerapkan hikmah beriman kepada
hari akhir
4. Membiasakan perilaku terpuji 76 75 75 226 75
4.1 Menjelaskan pengertian adil, ridha
dan amal shaleh
4.2 Menampilkan contoh perilaku adil, ridha
dan amal shaleh
4.3 Membiasakan perilaku adil, ridha, dan
amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari
5. Memahami hukum Islam tentang Hukum 76 75 75 226 75
Keluarga.
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan
dalam Islam
5.2 Menjelaskan hikmah perkawinan
5.3 Menjelaskan ketentuan perkawinan
menurut perundang-undangan di Indonesia
6. Memahami perkembangan Islam di 75 76 75 226 75
di Indonesia.
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam
di Indonesia.
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam
di Indonesia.


6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam
di Indonesia.
SEMESTER II
7. Memahami ayat-ayat al Quran tentang 74 76 76 226 75
pengembangan IPTEK.
7.1 Membaca QS Yunus:101
dan QS Al-Baqarah: 164
7.2 Menjelaskan arti QS Yunus: 101
dan QS Al-Baqarah: 164
7.3 Melakukan pengembangan iptek seperti
terkandung dalam QS Yunus: 101
dan QS Al-Baqarah: 164
8. Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ 73 71 69 213 71
dan Qadar
8.1 Menjelaskan tanda-tanda keimanan
kepada qadha’ dan qadar
8.2 Menerapkan hikmah beriman
kepada qadha’ dan qadar
9. Membiasakan perilaku terpuji 76 75 75 226 75
9.1 Menjelaskan pengertian dan
dan kerukunan
9.2 Menampilkan contoh perilaku persatuan
dan kerukunan
9.3 Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
10. Menghindari perilaku tercela. 76 74 75 225 75
10.1 Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir,
ghibah, dan fitnah
10.2 Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir,
ghibah, dan fitnah
10.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah,
dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari
11. Memahami hukum Islam tentang Waris 75 74 75 224 75
11.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan
hukum waris
11.2 Menjelaskan contoh pelaksanaan
hukum waris
12 Memahami perkembangan Islam di dunia. 74 75 75 224 75
12.1 Menjelaskan perkembangan Islam di dunia
12.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam
di dunia
12. 3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam
di dunia

Mengetahui : Cupak, 22 Juni 2010
Kepala SMA Negeri I Gunung Talang Guru Mata Pelajaran




Drs. ASRIJAL. MM Drs. ALI IMRAN
NIP.19620216 198602 1 001 Nip. 19601211 198903 1 006




PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 GUNUNG TALANG
MATA PELAJARAN : Bahasa Arab
KELAS / PROGRAM : XII / IPA - IPS
TAHAUN PELAJARAN : 2008 / 2009
KKM : 70
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / KOMPLEK DAYA INTAKE JLH RATA KKM
INDIKATOR SITAS DUKUNG SISWA RATA
semester I
1. Memahami wacana dan dialog tentang Kehidupan
sehari-harisiswa dalam keluarga
1.1.1 Mengartikan wacana tentang berwudhu' 69 70 71 210 70 70
1.1.2 Komunikasi Inter aktif Wacana / dialog tentang 68 68 70 206 69
berwudhu'
1.1.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam wacana 67 69 71 207 69
tentang " berwudhu' "
1.1.4 Membahas pola kalimat( SPOK ) dalam wacana 70 70 71 211 70
" berwudhu' "
1.2.1 Mengartikan wacana Shalat berjamaah 69 68 69 206 69 69
1.2.2 Komunikasi Inter aktif Wacana / dialog tentang 68 70 69 207 69
Shalat berjamaah
1.2.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam wacana 66 66 69 201 67
Shalat berjamaah
1.2.4 Membahas fi'il yang terdapat dalam wacana 70 68 68 206 69
Shalat berjamaah
1.3.1 Mengartikan wacana " Bola Kaki " 70 68 72 210 70 70
1.3.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana / dialog 70 67 72 209 70
Bola Kaki
1.3.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam wacana 73 70 73 216 72
Bola Kaki
1.3.4 Membahas pola kalimat ( SPOK ) dalam wacana 68 68 72 208 69
Bola Kaki
1.4.1 Mengartikan wacana " Belajar Bahasa Arab " 71 69 73 213 71 71
1.4.2 Komunikasi Inter aktif Wacana / dialog tentang 71 69 72 212 71
Belajar Bahasa Arab
1.4.3 Menulis kata yang ter dapat dalam wacana 70 68 74 212 71
Belajar Bahasa Arab
1.4.4 Membahas Fi'il Madhi yang terdapat dalam 72 70 73 215 72
wacana " Belajar B. Arab "
semester II
2.1.1 Mengartikan wacana tentang 71 69 73 213 71 71
Pekerjaan sehari-hari
2.1.2 Komunikasi Inter aktif Wacana / dialog tentang 71 69 74 214 71
Pekerjaan sehari-hari
2.1.3 Menulis kata yang terdapat dalam wacana 72 70 72 214 71
Pekerjaan sehari-hari
2.1.4 Membahas pola kalimat ( SPOK ) dalam wacana 69 68 69 206 69
Pekerjaan sehari-hari
2.1.1 Melafalkan bilangan ber tingkat 1 s/d 60 68 68 69 205 68 68
2.2.2 Melafalkan kata dalam Bahasa Arab ; Lebih, 67 67 68 202 67
kurang dan tepat






2.2.3 Komunikasi Inter aktif dalam b. arab ttg "jam " 68 68 69 205 68
2.2.4 Mengartikan wacana tentang " jam " 69 69 70 208 69
2.2.5 Menulis kata / kalimat yang berhubungan dengan 67 67 68 202 67
"jam "
2.3.1 Mengartikan wacana " Pustaka Sekolah" 70 68 72 210 70 70
2.3.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 70 68 72 210 70
" Pustaka Sekolah "
2.3.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 70 67 74 211 70
wacana " Pustaka Sekolah "
2.3.4 Membahas fi'il yang terdapat dalam wacana 70 69 70 209 70
" Pustaka Sekolah "
2.4.1 Mengartikan wacana "berangkat ke sekolah" 70 68 72 210 70 70
2.4.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 70 69 70 209 70
"berangkat ke sekolah"
2.4.3 Menulis kata yang ter dapat dalam wacana 68 67 68 203 68
"berangkat ke sekolah"
2.4.4 Membahas fi'il mudhari pada'kalimat yang 69 68 69 206 69
terdapat dalam wacana "berangkat ke sekolah"

Mengetahui : Solok, 16 Juli 2008
Kepala SMA Negeri I Gunung Talang Guru Mata Pelajaran




Drs. ASRIJAL, MM Drs. ALI IMRAN
NIP. 131503709 Nip. 131856266
































PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 GUNUNG TALANG
MATA PELAJARAN : Bahasa Arab
KELAS / PROGRAM : XI / IPA - IPS
TAHAUN PELAJARAN : 2008 / 2009
KKM : 70
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / KOMPLEK DAYA INTAKE JLH RATA KKM
INDIKATOR SITAS DUKUNG SISWA RATA
1. Memahami wacana dan dialog tentang Kehidupan
sehari-hari siswa dalam keluarga
1.1.1 Melafalkan bilangan bertingkat 1 s/d 60 69 70 71 210 70 70
1.1.2 Melafalkan kata dalam Bahasa Arab ; Lebih, 68 68 70 206 69
kurang dan tepat
1.1.3 Komunikasi Inter aktif dalam b.arab ttg "jam" 67 69 71 207 69
1.1.4 Mengartikan wacana " jam " 69 70 71 210 70
1.1.5 Menulis kata / kalimat yang berhubungan 70 70 71 211 70
dengan "jam "
1.2.1 Mengartikan wacana " Belajar Bahasa Arab " 69 68 69 206 69 69
1.2.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 68 70 69 207 69
Belajar Bahasa Arab
1.2.3 Menulis berwudhu' yang terdapat dalam wacana 66 66 69 201 67
Belajar Bahasa Arab
1.2.4 Membahas Fi'il Madhi yang terdapat dalam 70 68 68 206 69
wacana Belajar Bahasa Arab
1.3.1 Mengartikan wacana "berangkat ke sekolah" 70 68 72 210 70 70
1.3.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 70 67 72 209 70
berangkat ke sekolah
1.3.3 Menulis kata yang terdapat dalam wacana 73 70 73 216 72
berangkat ke sekolah
1.3.4 Membah tasfi'il mudhari' kalimat yang ter 68 68 72 208 69
dapat alam wacana "berangkat ke sekolah"
1.4.1 Mengartikan wacana " Pekerjaan sehari-hari " 71 69 73 213 71 71
1.4.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 71 69 72 212 71
Pekerjaan sehari-hari
1.4.3 Menulis kata yang terdapat dalam wacana 70 68 74 212 71
Pekerjaan sehari-hari
1.4.4 Membahas pola kalimat ( SPOK ) dalam 72 70 73 215 72
wacana Pekerjaan sehari-hari
SEMESTER : GENAP
2. Memahami wacana dan dialog
tentang Kehidupan sehari-hari
2.1.1 Mengartikan wacana " berwudhu' " 71 69 73 213 71 71
2.1.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 71 69 74 214 71
berwudhu'
2.1.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 72 70 72 214 71
wacana berwudhu'
2.1.4 Membahas pola kalimat ( SPOK ) dalam 69 68 69 206 69
wacana berwudhu'
2.2.1 Mengartikan wacana Shalat berjamaah 69 68 69 206 69 69
1.2.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 67 67 68 202 67
Shalat berjamaah






2.2.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 68 68 69 205 68
wacana Shalat berjamaah
2.2.4 Membahas fi'il yang terdapat dalam wacana 69 69 70 208 69
Shalat berjamaah
2.3.1 Mengartikan wacana " Bola Kaki " 70 68 72 210 70 70
2.3.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 70 68 72 210 70
Bola Kaki
2.3.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 70 67 74 211 70
wacana Bola Kaki
2.3.4 Membahas pola kalimat( SPOK ) dalam 70 69 70 209 70
wacana Bola Kaki
2.4.1 Mengartikan wacana " Pustaka Sekolah" 70 68 72 210 70 70
2.4.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 70 69 70 209 70
" Pustaka Sekolah "
2.4.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 68 67 68 203 68
wacana " Pustaka Sekolah "
2.4.4 Membahas fi'il yang terdapat dalam wacana 69 68 69 206 69
" Pustaka Sekolah "

Mengetahui : Solok, 16 Juli 2008
Kepala SMA Negeri I Gunung Talang Guru Mata Pelajaran




Drs. ASRIJAL, MM Drs. ALI IMRAN
NIP. 131503709 Nip. 131856266
































PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 GUNUNG TALANG
MATA PELAJARAN : Bahasa Arab
KELAS / PROGRAM / SEMESTER : XI / IPA - IPS / GENAP
TAHAUN PELAJARAN : 2008 / 2009
KKM : 65
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / KOMPLEK DAYA INTAKE JLH RATA KKM
INDIKATOR SITAS DUKUNG SISWA RATA
2. Memahami wacana dan dialog
tentang Kehidupan sehari-hari
2.1.1 Mengartikan wacana " berwudhu' " 65 66 64 195 65 65
2.1.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 63 63 60 186 62
" berwudhu "
2.1.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 68 68 67 203 68
wacana " berwudhu "
2.1.4 Membahas pola kalimat ( SPOK ) dalam 65 66 64 195 65
wacana " berwudhu "
2.2.1 Mengartikan wacana " Shalat berjamaah " 66 66 66 198 66 67
1.2.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 68 68 67 203 68
" Shalat berjamaah "
2.2.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 68 68 67 203 68
wacana " Shalat berjamaah "
2.2.4 Membahas fi'il yang terdapat dalam wacana 65 66 64 195 65
" Shalat berjamaah "
2.3.1 Mengartikan wacana " Bola Kaki " 63 62 62 187 62 62
2.3.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 62 63 62 187 62
" Bola Kaki "
2.3.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 64 64 62 190 63
wacana " Bola Kaki "
2.3.4 Membahas pola kalimat( SPOK ) dalam 63 62 61 186 62
wacana " Bola Kaki "
2.4.1 Mengartikan wacana " Pustaka Sekolah" 67 66 64 197 66 66
2.4.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 66 68 64 198 66
" Pustaka Sekolah "
2.4.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam 67 68 66 201 67
wacana " Pustaka Sekolah "
2.4.4 Membahas fi'il yang terdapat dalam wacana 65 66 64 195 65
" Pustaka Sekolah "

Mengetahui : Solok, 14 Januarii 2009
Kepala SMA Negeri 3 kota Solok Guru Mata Pelajaran




Drs. ASRIJAL, MM Drs. ALI IMRAN
NIP. 131503709 Nip. 131856266










PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 GUNUNG TALANG
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / PROGRAM : XI / IPS
TAHAUN PELAJARAN : 2008 / 2009
KKM : 70
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / KOMPLEK DAYA INTAKE JLH KKM
INDIKATOR SITAS DUKUNG SISWA
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang 73 68 72 213 71
kompetensi dalam kebaikan
1.1 Membaca QS Al-Baqarah : 148 dan
QS. Faathir : 32
1.2 Menjelaskan arti QS Al-Baqarah : 148 dan
QS Faathir : 32
1.3 Menampilkan perilaku berkompetensi
dalam kebaikan seperti terkaandung dalam
QS Al-Baqarah : 148 dan QS Faathir : 32
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang perintah 73 68 72 213 71
menyantuni kaum Dhu'afa
2.1 Membaca QS Al-Isra : 26-27 dan
QS Al-Baqarah : 177
2.2 Menjelaskan arti QS Al-Isra : 26-27 dan
QS Al-Baqarah : 177
2.3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum
dhu'afa seperti terkandung dalam QS Al-Isra :
26-27 dan QS Al-Baqarah : 177
3. Meningkatkan keimanan kepada rasul-rasul Allah 70 71 69 210 70
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
rasul-rasul Allah
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
rasul-rasul Allah
3.2 Menunjukan contoh-contoh perilaku beriman
kepada rasul- rasul Allah
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada rasul-rasul Allah dalam
kehidupan sehari-hari
4. Membiasakan perilaku terpuji 69 71 70 210 70
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja'
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat
dan raja'
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja'
dalam kehidupan sehari-hari
5. Memahami hukum Islam tentang Mu'amalah 69 68 69 206 69
5.1 Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi
dalam Islam
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi
dalam Islam
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dlm
kehupan sehari 2
6. Memahami perkembangan Islam pada 67 69 70 206 69
abad pertengahan (1250-1800)
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad
pertengahan





7. Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang 68 74 72 214 71
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
1.1 Membaca Q.S Ar Rum : 41-42,
QS. Al A'raf : 56-58 Q.S Shad : 27
7.2 Menyebutkan arti Q.S Ar Rum : 41-42,
QS. Al A'raf : 56-58 Q.S Shad : 27
kebaikan seperti terkaandung dalam QS Ali Imran:
159,QS As Syura : 38 dalam kehidupan sehari-hari
7.3 Menampilkan perilaku berkompetensi dalam
menjaga kelestarian lingkungan hidup
8. Meniungkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah. 70 71 69 210 70
8.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab
Allah
9. Membiasakan perilaku terpuji 69 71 72 212 71
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai
karya orang lain
9.2 Menampilkan contoh perilaku menghargai karya
orang lain
9.3 Membiasakan perilaku menghargai karya orang
lain dalam kehidupan sehari-hari
10. Menghindari perilaku tercela. 69 71 72 212 71
10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar
10.2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam
kehidupan sehari-hari
11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang 69 68 69 206 69
pengurusan jenazah
11.1 Menjelaskan tatacara
11.2 pengurusan jenazah
11.3 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
12. Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan 69 68 69 206 69
dakwah
12.1 Menjelaskan tatacara khutbah,tabligh,dan dakwah
12.2 Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
13. Memahami perkembangan Islam pada 67 69 70 206 69
masa modern (1800 – sekarang).
13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada
masa modern
13.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan
Islam masa modern


Mengetahui : Cupak, 16 Juli 2008
Kepala SMA Negeri I Gunung Talang Guru Mata Pelajaran




Drs. ASRIJAL. MM Drs. ALI IMRAN
NIP. 131593709 Nip. 131856266






PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 GUNUNG TALANG
MATA PELAJARAN : Bahasa Arab
KELAS / PROGRAM : XI / IPA - IPS
TAHAUN PELAJARAN : 2008 / 2009
KKM : 70
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / KOMPLEK DAYA INTAKE JLH KKM
INDIKATOR SITAS DUKUNG SISWA
1. Memahami wacana dan dialog tentang Kehidupan 69 70 71 210 70
sehari-hari siswa dalam keluarga
1.1.1 Melafalkan bilangan bertingkat 1 s/d 60
1.1.2 Melafalkan kata dalam Bahasa Arab ; Lebih,
kurang dan tepat
1.1.3 Komunikasi Inter aktif dalam b.arab ttg "jam"
1.1.4 Mengartikan wacana " jam "
1.1.5 Menulis kata / kalimat yang berhubungan
dengan "jam "
1.2.1 Mengartikan wacana " Belajar Bahasa Arab " 69 68 69 206 69
1.2.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana
Belajar Bahasa Arab
1.2.3 Menulis berwudhu' yang terdapat dalam wacana
Belajar Bahasa Arab
1.2.4 Membahas Fi'il Madhi yang terdapat dalam
wacana Belajar Bahasa Arab
1.3.1 Mengartikan wacana "berangkat ke sekolah" 70 68 72 210 70
1.3.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana
berangkat ke sekolah
1.3.3 Menulis kata yang terdapat dalam wacana
berangkat ke sekolah
1.3.4 Membah tasfi'il mudhari' kalimat yang ter
dapat alam wacana "berangkat ke sekolah"
1.4.1 Mengartikan wacana " Pekerjaan sehari-hari " 71 69 73 213 71
1.4.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana
Pekerjaan sehari-hari
1.4.3 Menulis kata yang terdapat dalam wacana
Pekerjaan sehari-hari
1.4.4 Membahas pola kalimat ( SPOK ) dalam
wacana Pekerjaan sehari-hari
SEMESTER : GENAP
2. Memahami wacana dan dialog 71 69 73 213 71
tentang Kehidupan sehari-hari
2.1.1 Mengartikan wacana " berwudhu' "
2.1.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana
berwudhu'
2.1.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam
wacana berwudhu'
2.1.4 Membahas pola kalimat ( SPOK ) dalam
wacana berwudhu'
2.2.1 Mengartikan wacana Shalat berjamaah
1.2.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana 69 68 69 206 69
Shalat berjamaah
2.2.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam
wacana Shalat berjamaah




2.2.4 Membahas fi'il yang terdapat dalam wacana
Shalat berjamaah
2.3.1 Mengartikan wacana " Bola Kaki " 70 68 72 210 70
2.3.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana
Bola Kaki
2.3.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam
wacana Bola Kaki
2.3.4 Membahas pola kalimat( SPOK ) dalam
wacana Bola Kaki
2.4.1 Mengartikan wacana " Pustaka Sekolah" 70 68 72 210 70
2.4.2 Komunikasi Inter aktif tentang Wacana
" Pustaka Sekolah "
2.4.3 Menuliskan kata yang terdapat dalam
wacana " Pustaka Sekolah "
2.4.4 Membahas fi'il yang terdapat dalam wacana
" Pustaka Sekolah "


Mengetahui : Cupak, 16 Juli 2008
Kepala SMA Negeri I Gunung Talang Guru Mata Pelajaran




Drs. ASRIJAL. MM Drs. ALI IMRAN
NIP. 131593709 Nip. 131856266

































PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM ( KKM )

NAMA SEKOLAH : SMA N 1 GUNUNG TALANG
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / PROGRAM : XI / IPA
TAHAUN PELAJARAN : 2008 / 2009
KKM : 75
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR / KOMPLEK DAYA INTAKE JLH KKM
INDIKATOR SITAS DUKUNG SISWA
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang
kompetensi dalam kebaikan 73 74 75 222 74
1.1 Membaca QS Al-Baqarah : 148 dan
QS. Faathir : 32
1.2 Menjelaskan arti QS Al-Baqarah : 148 dan
QS Faathir : 32
1.3 Menampilkan perilaku berkompetensi
dalam kebaikan seperti terkaandung dalam
QS Al-Baqarah : 148 dan QS Faathir : 32
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang perintah 73 74 75 222 74
menyantuni kaum Dhu'afa
2.1 Membaca QS Al-Isra : 26-27 dan
QS Al-Baqarah : 177
2.2 Menjelaskan arti QS Al-Isra : 26-27 dan
QS Al-Baqarah : 177
2.3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum
dhu'afa seperti terkandung dalam QS Al-Isra :
26-27 dan QS Al-Baqarah : 177
3. Meningkatkan keimanan kepada rasul-rasul Allah 77 75 76 228 76
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
rasul-rasul Allah
3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
rasul-rasul Allah
3.2 Menunjukan contoh-contoh perilaku beriman
kepada rasul- rasul Allah
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan kepada rasul-rasul Allah dalam
kehidupan sehari-hari
4. Membiasakan perilaku terpuji 77 75 76 228 76
4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja'
4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat
dan raja'
4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja'
dalam kehidupan sehari-hari
5. Memahami hukum Islam tentang Mu'amalah 75 73 74 222 74
5.1 Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi
dalam Islam
5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi
dalam Islam
5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dlm
kehupan sehari - hari
6. Memahami perkembangan Islam pada 75 76 77 228 76
abad pertengahan (1250-1800)
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad
pertengahan




7. Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang 73 74 75 222 74
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
1.1 Membaca Q.S Ar Rum : 41-42,
QS. Al A'raf : 56-58 Q.S Shad : 27
7.2 Menyebutkan arti Q.S Ar Rum : 41-42,
QS. Al A'raf : 56-58 Q.S Shad : 27
kebaikan seperti terkaandung dalam QS Ali Imran:
159,QS As Syura : 38 dalam kehidupan sehari-hari
7.3 Menampilkan perilaku berkompetensi dalam
menjaga kelestarian lingkungan hidup
8. Meniungkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah. 77 75 76 228 76
8.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap Kitab-kitab Allah
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab
Allah
9. Membiasakan perilaku terpuji 74 75 76 225 75
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai
karya orang lain
9.2 Menampilkan contoh perilaku menghargai karya
orang lain
9.3 Membiasakan perilaku menghargai karya orang
lain dalam kehidupan sehari-hari
10. Menghindari perilaku tercela. 77 75 76 228 76
10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar
10.2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar
10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam
kehidupan sehari-hari
11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang 75 73 74 222 74
pengurusan jenazah
11.1 Menjelaskan tatacara
11.2 pengurusan jenazah
11.3 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah
12. Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh, dan 75 73 74 222 74
dakwah
12.1 Menjelaskan tatacara khutbah,tabligh,dan dakwah
12.2 Memperagakan khutbah, tabligh, dan dakwah
13. Memahami perkembangan Islam pada 75 76 77 228 76
masa modern (1800 – sekarang).
13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada
masa modern
13.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan
Islam masa modern


Mengetahui : Cupak, 2008
Kepala SMA Negeri I Gunung Talang Guru Mata Pelajaran




Drs. ASRIJAL. MM Drs. ALI IMRAN
NIP. 131593709 Nip. 131856266

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar