Jumat, 24 Desember 2010

LAMPIRAN SK/KD

LAMPIRAN SK/KD
Nama Guru : Drs. Ali Imran
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Jurusan : XII / Semua Jurusan
Semester / T.P : 1 ( Satu ) / 2010-2011
ANALISIS STANDAR ISI :
LAMPIRAN SK/KD
1. TUJUAN
1.1 TUJUAN MATA PELAJARAN
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
1.2 ANALISIS RANAH KOMPETENSI TUJUAN
TUJUAN 1
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
Ranah kompetensinya adalah :
• Kognitif
• Afektif
• Psikomotor
TUJUAN 2
1. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.


Ranah kompetensinya adalah :
• Psikomotor
• Afektif

1.3 ANALISIS SUBSTANSI METERI PADA TUJUAN
TUJUAN 1
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
Substansi Meteri Pada Tujuan :
• Akidah
TUJUAN 2
1. mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
Substansi Meteri Pada Tujuan :
• Ibadah
• Akhlak
1.4 IMPLEMENTASI ( SEBARAN ) TUJUAN PADA KD

DIISI SETELAH MENGANALISIS KD
2. RAUANG LINGKUP
2.1 Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al-Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam
2.2 Implementasi ( Sebaran ) Ruang Lingkup Pada KD
DIISI SETELAH MENGANALISIS KD
2. STANDAR KOMPETENSI
3.1 Jumlah Standar Kompetensi Pada Kelas XII Semester Dua
= 6 ( Enam )
3.2 Tahapan Berpikir Kompetensi Pada SK
SK
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
Kompetensi
Memahami
Tingkat Berfikir = C.2
3.3 ANALISIS MATERI PADA SK
SK 1
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
3.3.1 MATERI
Ayat-Ayat Al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
4.1 JUMLAH KD PADA KELAS XII SEMESTER DUA
= 18 ( DELAPAN BELAS )
4.2 ANALISIS TAHAPAN BERPIKIR KOMPETENSI PADA KD
Kompetensinya Adalah Membaca, Mengartikan Dan Melakukan
Pengembangan Iptek
4.3 ANALISIS MATERI PADA KD
4.3.1 MATERINYA ADALAH
Ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK

CATT:
SEMUA KD HARUS DIPERLAKUKAN SAMA
5. MATERI POKOK
5.1 ANALISIS MATERI POKOK PADA KD ( TINGKAT KOMPLEKSITASNYA )
KD 1.1 Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164 Tingkat Kompleksitasnya
Adalah Komplek
KD.2 Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 Tingkat
Kompleksitasnya Adalah Komplek
KD.3 Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan
QS. Al Baqarah : 164 C,3 Tingkat Kompleksitasnya Adalah Komplek


CATT: KOMPLEKSITAS : 1. KOMPLEK 2.SEDERHANA
5.2 MATERI SEDERHANANYA ADALAH MENGAMATI BACAAN QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
6. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
• Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS.Al Baqarah : 164
• Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164

PENYUSUNAN INDIKATOR :
• DARI MUDAH KE SUKAR
• DARI SEDERHANA KEKOMPLEK
• DARI DEKAT KE JAUH
• DARI KONKRIT KE ABSTRAK
C,1 + SEDERHANA 1 MENYEBUTKAN ……
C,1 + SEDERHANA 2 MENGIDENTIFIKASI …..
C,1 + SEDERHANA 1 MENJELASKAN PENGERTIAN ….
C,1 + SEDERHANA 2 MENJELASKAN RUANG LINGKUP…..


C.1 MENGENAL ……MENGAMATI ….MENANGKAP CIRI-CIRI ….MENYEBUTKAN
C.2 MENJELASKAN ….MENCARI LITERATUR …..BERTANYA KESUMBER ….
7. KEGIATAN PEMBELAJARAN
• Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
• Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS.Al Baqarah : 164
• Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164 C,3

- Mencermati …..Melalui Mendengarkan
- Menggali Informasi Melalui Studi Pustaka Diskusi, Tanya Jawab, Karya Wisata ( Menjelaskan )

8. Alokasi waktu
• Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 C.1 ( 90 MENIT )
• Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 C,2 ( 60 MENIT )
• Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164 C,3 ( 30 MENIT )

9. PENILAIAN
Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 TES UNJUK KERJA
Menjelaskan arti QS Yunus : 101 dan QS. al Baqarah : 164 TES LISAN / TERTULIS
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan
QS. Al Baqarah : 164 TES LISAN / TERTULIS
Teknik Penilaian : Pengukuran, Penilaian, Pengujian, Evaluasi
Pengukuran Untuk Mengetahui Karakter
Penilaian Untuk Mengetahu Tingkat Kompetensi
Pengujian Untuk Mengetahu Kompetensi Secara Komperhensif
Evaluasi Untuk Mengetahuyang Terkait Dengan Program
10. SUMBER BELAJAR / BAHAN AJAR
Sumber :
Bahan : Yang Dicomot
11. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa Dapat …. ( Sesuai Dengan Indikator )
12. MATERI PEMBELAJARAN
Membaca QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
arti QS Yunus : 101 dan QS.Al Baqarah : 164
Pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
13. METODE PEMBELAJARAN
Pengamatan, Imitasi, Demonstrasi
14. KEGIATAN PEMBELAJARAN / LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN / SKENARIO PEMBELAJARAN
• Pendahuluan
Berdoa
Mengabsen / MenKondisikan Kelas (Melihat keadaan siswa dan ruangan )
Tujuan Pembelajaran
• Inti
Guru menyiapkan QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
Guru menayangkan QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
Siwa mengamati QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164 ( eksplorasi )
Siswa membaca dalam kelompok QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
( elaborasi )
Siswa Menyepakati bacaan yang benar QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164
( konfirmasi )
Menarik kesimpulan bacaan yang benar QS Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah :
164
Guru memberikan penguatan bacaan yang benar QS Yunus : 101 dan
QS. Al Baqarah : 164
• Penutup
Refleksi ( umpan balik )….tanya jawab
15. Penilaian
Isinya instrument jenis dan bentuk pada naomor 9
16. SUMBER / BAHAN / ALAT ….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar